Empat Penyebab Sakit Pinggang Saat Bangun Tidur, Apa Saja?

 

 

 

Foto: ilustrasi

Tagarterkini.com, Kesehatan – Sakit pinggang kerap muncul setelah tidur mungkin hampir pernah dirasakan oleh semua orang. Bukannya rileks bangun tidur malah menjadi melelahkan.

Pinggang yang terasa pegal ketika bangun tidur dapat dipicu berbagai hal, mulai dari postur tidur hingga kondisi medis tertentu.

Lantas, apa saja penyebab sakit pinggang saat bangun tidur? Dan bagaimana cara mengatasinya?

1. Posisi Tidur

Postur tubuh selama tidur bisa menyebabkan sakit pinggang saat bangun tidur. Ini karena posisi tidur yang buruk mampu memberi tekanan pada tulang belakang sehingga membuat lengkungan alaminya menjadi rata. Tak hanya itu, hal ini juga dapat menimbulkan ketegangan pada punggung dan persendian.

2. Kasur

Kasur ternyata juga dapat menjadi sebab pinggang pegal, lho. Jika kasur kalian sudah mengendur atau terdapat lekukan yang tertinggal, itu tandanya kasur perlu diganti. Kalau tidak, kasur tersebut akan terus mengakibatkan nyeri pinggang.

3. Kehamilan

Sakit pinggang ketika bangun tidur bisa pula dialami wanita yang sedang hamil, dan kondisi ini sangat umum terjadi. Di beberapa belahan dunia, sekitar 30-78% wanita selama kehamilan merasakan nyeri pinggang.

Yang menyebabkan pegal pinggang saat hamil, antara lain karena meningkatnya pelepasan hormon relaksin dan progesteron, penambahan berat janin, dan pusat gravitasi seseorang bergeser ke depan seiring pertumbuhan janin.

4. Olahraga Berlebih

Olahraga bagus untuk kesehatan. Namun, melakukannya secara berlebihan dapat menyebabkan nyeri dan pegal-pegal di beberapa bagian tubuh, termasuk pinggang.

Maka dari itu, penting bagi seseorang untuk memperhatikan postur tubuhnya saat dan setelah olahraga fisik. Selain itu, ada baiknya juga untuk melakukan pemanasan pendinginan setelah maupun sebelum berolahraga untuk mengurangi sakit pinggang dan kekakuan otot keesokan harinya.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available