Apa Itu Inovasi Gentala Milik Puskesmas Blooto? Yuks Lebih Tahu

 

 

 

Tagarterkini.com, Mojokerto — Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek dari standar usianya.

Kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya. Angka prevalensi stunting diwilayah Puskesmas Blooto sendiri pada tahun 2020 sebesar 6,6%.

Jika tidak ditangani angka ini akan menjadi meningkat ditahun berikutnya. Untuk menangani masalah tersebut, UPT Puskesmas Blooto membentuk inovasi GENTALA (Gerakan Tuntaskan Stunting Melalui Layanan Terintegrasi Bersama).

Kegiatan dari inovasi GENTALA ini adalah melakukan pemeriksaan terpadu pada balita yang masuk kategori stunting, Pendampingan balita stunting oleh kader dan juga kelurahan, Pemberian PMT melalui system layanan antar dengan menggunakan motor GENTALA, untuk pencegahan stunting juga ada kegiatan pemeriksaan ANC terpadu dan pendampingan pada bumil risti, dan ada aplikasi GENTALA yang bisa diakses secara gratis untuk melakukan konsultasi gizi dengan mudah tanpa harus datang ke puskesmas.

Hasil yang didapatkan dari adanya inovasi GENTALA adalah adanya penurunan angka prevalensi stunting dari tahun 2020 sebesar 6,6% menjadi 2,1% ditahun 2023.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available