Lebih Tahu Inovasi Posbindu Terintegrasi dengan Posyandu Lansia “Sambel Teri di Puskesmas Kedundung

 

 

Foto: Petugas saat melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat

Tagarterkini.com, Mojokerto — Mulai tahun 2023, setiap RW yang ada di Kelurahan Kedundung dan Kelurahan Gunung Gedangan dibentuk Posbindu terintegrasi dengan Posyandu lansia.

Kegiatan ini dilakukan oleh bina wilayah dari setiap RW wilayah kerja Puskesmas Kedundung dengan rincian kegiatan sebagai berikut melakukan pemeriksaan tinggi badan, berat badan, tekanan darah, dan pemeriksaan gula darah dengan tujuan untuk melakukan deteksi dini adanya potensi penyakit tidak menular pada sasaran 15 tahun keatas.

Hal ini bertujuan agar deteksi dini terhadap adanya penyakit tidak menular juga semakin gencar dilakukan tidak hanya di pelayanan dalam gedung saja. Anita salah seorang warga yang mengikuti kegiatan ini mengaku senang karena tempat pelayanan tidak jauh dari rumah, sehingga dapat melakukan pemeriksaan kesehatannya secara menyeluruh tanpa meninggalkan pekerjaannya.

Menurut Sri Winarni salah satu Perawat sekaligus inovator dari “Sambel Teri” (Pemeriksaan Berat Badan, Tinggi Badan, Laboratorium, dan Tekanan Darah Terintegrasi), inovasi ini cukup membantu dalam menemukan lebih banyak warga masyarakat khususnya yang berpotensi atau sudah menderita darah tinggi atau diabetes melitus.

Hal ini penting karena penyakit tidak menular dapat dicegah dengan mengeliminasi faktor risiko dan mengobati penderita agar terhindar dari komplikasi.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available