Wajib Dicoba! Empat Jenis Rujak Khas Jawa Timur yang Manis dan Segar

 

 

 

Foto: Rujak cingur khas jawa timur

Tagarterkini.com, Tagar Kuliner – Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan makanan dan kuliner khas. Salah satunya adalah rujak.

Rujak merupakan salah satu kudapan yang disajikan dengan menggunakan bumbu olahan petis. Kudapan ini menawarkan cita rasa yang manis, nikmat, dan segar.

Berikut ini Lenterainspiratif.id merangkum empat jenis rujak dari Jawa Timur yang manis dan segar.

1. Rujak Cingur

Rujak cingur merupakan rujak khas Kota Surabaya. Cingur didapatkan dari istilah bahasa Jawa yakni area hidung atau moncong sapi. Adapun sajian ini menggunakan irisan moncong sapi sebagai salah satu bahan olahan rujak cingur.

Selain moncong atau mulut sapi, sajian ini juga menggunakan campuran lainnya, seperti nanas, bengkoang, timun, mangga muda, tempe goreng, tahu kecil, kangkung, tauge, dan juga lontong.

Bahan-bahan ini kemudian disiram dengan bumbu rujak petis yang terbuat dari campuran kacang goreng, pisang batu, gula Jawa, terasi goreng, serta petis udang.

2. Rujak Bubur

Selain Surabaya, Madura juga memiliki sajian rujak khasnya yang dinamai rujak bubur. Rujak bubur atau kerap disebut dengan jek tajin ini menjadi rujak unik karena rujak ini tidak menggunakan lontong, melainkan bubur.

Adapun bumbu untuk membuat sajian rujak bubur ini di antaranya lombok, petis, kacang goreng, serta iringan pisang yang diulek dalam cobek besar. Kemudian, bumbu tersebut ditambahkan dengan irisan cingur rebus, kecambah, kacang panjang, dan rumput laut. Tidak lupa dengan tambahan mentimun yang dicacah dan keripik singkong.

Bubur yang telah disajikan dalam wadah kemudian disiram dengan olahan rujak.

3. Rujak Soto

Rujak soto ini merupakan jenis kuliner rujak yang berasal dari Banyuwangi. Sajian dari rujak soto ni juga terbilang unik di mana sajian rujak ini dipadukan dengan olahan soto babat.

Kuliner satu ini konon sudah muncul di tahun 1970-an. Adapun bumbu yang digunakan untuk menyajikan rujak soto ini sama seperti rujak pada umumnya yakni dengan menggunakan bumbu petis yang terdiri dari kacang tanah goreng, garam, gula merah, terasi, dan petis hitam, pisang batu, dan cabe rawit.

Setelah bumbu dihaluskan, kemudian ditambah dengan irisan tahu, tempe, lontong, tauge, sayur kangkung, mentimun, telur rebus, dan irisan babat. Bahan sajian rujak tersebut kemudian disiram dengan kuah soto babat dengan taburan bawang goreng dan daun bawang di atasnya.

4. Rujak Gobet

Rujak gobet ini merupakan sajian rujak khas Malang, Jawa Timur. Adapun cita rasa dari rujak gobet ini perpaduan pedas, manis, dan asam.

Untuk membuat sajian ini diperlukan beberapa buah. Di antaranya bengkuang, nanas, pencit (mangga muda), blimbing, jambu, babal (nangka muda), dan kedondong.

Sementara itu, bumbu untuk rujak gobet ini menggunakan beberapa bahan yakni air asam Jawa, cabai rawit, gula merah, garam, gula serta air secukupnya. Sajian ini biasanya disuguhkan untuk upacara kehamilan 7 bulan atau disebut Tingkeban atau Mitoni.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available