Kolaborasi Inovatif KACER MERDU Wujudkan Pelayanan Perkawinan dan Perceraian Terpadu di Mojokerto

 

 

Tagarterkini.com, Mojokerto – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Mojokerto meluncurkan inovasi KACER MERDU (Perkawinan dan Perceraian Kota Mojokerto Terpadu) sebagai solusi terobosan dalam meningkatkan integrasi dan kemudahan pelayanan bagi masyarakat.

Inovasi ini merupakan hasil kolaborasi strategis antara Dispendukcapil, Pengadilan Agama (PA) Mojokerto, dan Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kota Mojokerto. KACER MERDU menghadirkan solusi terpadu bagi dua peristiwa penting dalam kehidupan, yaitu perkawinan dan perceraian. Masyarakat tidak perlu lagi repot berpindah tempat untuk mengurus berbagai dokumen terkait.

Cukup melalui satu pintu layanan, baik di KUA maupun PA, masyarakat dapat menyelesaikan proses administrasi kependudukan secara mudah dan efisien.
Heryana Dodik Murtono, Kepala Dispendukcapil Kota Mojokerto, menjelaskan bahwa KACER MERDU terinspirasi dari semangat kolaborasi dan komitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Inovasi ini merupakan solusi cerdas untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan yang lebih mudah, cepat, dan transparan,” ujar Dodik.

Keunggulan KACER MERDU:
Proses terpadu: Menggabungkan layanan administrasi kependudukan dengan proses perkawinan di KUA dan perceraian di PA.
Hemat waktu dan biaya: Masyarakat hanya perlu datang ke satu tempat untuk menyelesaikan semua proses.
Efisien dan mudah: Proses dapat dilakukan secara online melalui aplikasi WhatsApp.
Akurasi data terjamin: Integrasi sistem antar instansi memastikan data kependudukan selalu terupdate.
Masyarakat menyambut baik hadirnya KACER MERDU.
“Sosialisasi ini sangat bermanfaat. Saya jadi tahu cara mudah mengurus dokumen setelah menikah atau bercerai melalui KACER MERDU,” ungkap Budi, salah satu peserta sosialisasi.

Inovasi KACER MERDU mencerminkan komitmen kuat Dispendukcapil Kota Mojokerto dalam menghadirkan pelayanan publik yang berkualitas. Kolaborasi dengan PA dan KUA menjadi contoh sinergi positif antar instansi untuk memberikan solusi inovatif dan menjawab kebutuhan masyarakat.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available