Radiasi HP Bisa Sebabkan Kanker? Begini Faktanya

 

Foto: Ilustrasi

Tagarterkini.com, Tagar Kesehatan – Hampir seluruh orang dunia menggunakan ponsel pintar atau smartphone untuk keperluan komunikasi sehari-hari.

Namun yang perlu diingat bahwa pemakaian smartphone dapat memancarkan radiasi Radio Frequency (RF).

Radiasi RF memancarkan radiasi yang dikeluarkan oleh ponsel saat dalam keadaan aktif. Biasanya, radiasi ini muncul karena ponsel tengah mencari maupun menyalurkan sinyal. Pertanyaannya, benarkah radiasi ponsel berbahaya untuk kesehatan?

Menurut pernyataan National Cancer Institute, “saat ini tidak ada bukti yang konsisten bahwa radiasi non-ionisasi meningkatkan risiko kanker pada manusia. Satu-satunya efek biologis yang diakui secara konsisten dari radiasi frekuensi radio pada manusia adalah pemanasan.”

Para dokter, ilmuwan, dan insinyur dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika juga telah menganalisis penelitian dan publikasi ilmiah untuk mencari bukti dampak kesehatan dari paparan energi frekuensi radio dari ponsel.

Bukti ilmiah selama hampir 30 tahun belum ada yang secara pasti menghubungkan paparan energi frekuensi radio dari penggunaan telepon seluler dengan masalah kesehatan, seperti kanker.

Kesimpulannya, tidak ada efek kesehatan yang pasti dari paparan radiasi HP pada seseorang. Meski begitu, sebagian orang masih mengkhawatirkan energi radiasi.

Untungnya. ada beberapa tindakan sederhana yang dapat membantu mengurangi paparan radiasi dari ponsel pada seseorang.

Umumnya, produk nirkabel memancarkan radiasi paling banyak saat menggunakannya untuk berbicara dengan seseorang. Semakin dekat jarak perangkat dengan Anda, semakin banyak energi yang akan Anda serap.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available