Simak! Kebiasaan Ini Bisa Merusak Telinga Anda

 

Foto: Ilustrasi

Tagarterkini.com, Gaya Hidup – Telinga adalah salah satu organ tubuh yang cukup penting bagi manusia. Tanpa telinga yang sehat kita tidak bisa mendengar berbagai suara.

Namun ada beberapa kebiasaan yang bisa merusak telinga. Kebiasaan ini tanpa Anda sadari sering dilakukan sehari-hari.

1. Merokok

Merokok jadi biang keladi dari hampir semua masalah kesehatan. Tak terkecuali masalah pendengaran Anda.

Mengutip berbagai sumber, merokok berdampak pada sirkulasi darah dan kemampuan mendengar seiring bertambahnya usia.

2. Tidak merawat gigi dan mulut dengan benar

Gusi dan gigi yang tidak sehat bisa mengganggu kesehatan tubuh, termasuk pendengaran. Bakteri dari mulut bisa masuk ke aliran darah, menyebabkan peradangan dan penyempitan arteri.

Semua hal ini bisa mengakibatkan sirkulasi darah memburuk. Aliran darah yang tidak lancar bisa menyebabkan masalah jantung yang berbahaya untuk pendengaran.

3. Berlebihan pakai earphone

Kebiasaan menggunakan earphone dan headphone ternyata bisa berbahaya. Kebiasaan ini dapat membuat telinga terpapar suara keras yang bisa merusak pendengaran.

Paparan suara keras secara terus-menerus bisa merusak sel-sel di telinga bagian dalam. Padahal, sel-sel ini bertugas untuk mengubah gelombang suara menjadi impuls listrik yang ditafsirkan otak sebagai suara.

4. Membiarkan telinga basah

Membiarkan telinga basah ternyata bisa membuat pendengaran terganggu. Pasalnya, bagian tengah telinga memiliki rongga berisi udara. Telinga yang basah bisa merusak sistem telinga tengah dan menyebabkan bakteri berkembang biak.

Mengutip berbagai sumber, telinga yang basah juga bisa menyebabkan infeksi pada saluran telinga.

5. Paparan suara keras

Gangguan pendengaran akibat suara bising paling sering dialami remaja dan dewasa muda. Pasalnya, remaja dan kaum dewasa muda umumnya memiliki kegiatan yang berkaitan dengan suara bising dan kencang.

Misalnya, mendengarkan musik dengan kencang hingga sering mendatangi tempat hiburan malam. Semua hal ini menciptakan suara yang bising dan keras. Jika terus dilakukan, kebiasaan ini bisa mengurangi kemampuan telinga untuk mendengar.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available