Dirikan Bank Sampah, Ajak Warga Pilah dan Pilih Sampah dari Rumah

 

Foto: Petugas kelurahan Gedongan mendampingi warga saat kegiatan bank sampah.

Tagarterkini.com, Mojokerto — Masalah sampah menjadi tantangan tersendiri bagi wilayah Kota. Untuk menekan jumlah produksi sampah, Kelurahan Gedongan secara konsisten mendorong warganya mulai memilah dan memilih sampah dari rumah.

Setelah memilah dan memilih sampah dari rumah, Kelurahan lantas mendampingi RW untuk mendirikan bank sampah. Kini, Kelurahan dengan jumlah penduduk hanya 2 ribu jiwa ini menuai hasilnya.

Kelurahan Gedongan meraih penghargaan Kelurahan Berseri (Bersih dan Lestari) 2022 salah satunya adalah adanya pengelolaan sampah dengan bank sampah.

Sudarmaji Lurah gedongan menjelaskan Kegiatan pengelolaan sampah melalui Bank Sampah lebih meningkatkan peran serta masyarakat. Sampah basah dapat dibuat pupuk kompos dan sampah kring dapat dijual atau dapat digunakan produk daur ulang.

“Peran kelurahan membina mengarahkan secara konsisten, membiasakan menyisihkan sampah organik dan anorganik”, katanya Rabu (25/10/2023) .

Tak hanya itu, lurah yang juga ketua Ikatan Pengurus Haji Indonesia ( IPHI) Kota Mojokerto juga menegaskan dengan diraihnya penghargaan Kelurahan Berseri, maka masyarakat di kelurahan sama-sama berupaya menjaga lingkungan”,katanya.

Secara teknis untuk meningkatkan peran masyarakat terhadap sampah kami mengagas lomba bank sampah antar RW.

“Secara teknis Warga menyetorkan sampah ke bank sampah ke RW yang nantinya disebut tabungan sampah, dari sampah itu penjualnya bisa untuk bayar PBB, kelebihan penjualan sampah utk bingkisan”, Jelasnya.

Sementara itu, Ary Setiawan Camat Magersari mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh kelurahan gedongan yang berada di wilayahnya, ia berharap bahwa dilingkungan tersebut harus terus terjaga keasrianya meskipun sudah mendapatkan penghargaan kategori madya.

“Pesan saya terus semangat dalam menjaga keasrian lingkungan dengan mengelola sampah. Dari sampah bisa untuk kreasi seni, namun diperlukan ketelatenan, kesabaran dan motivasi untuk terus berkreasi. Dengan demikian maka hasilnya akan lebih baik”, pesanya.

 

 

 

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available