Ampuh! Ini Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami Tanpa Obat

 

 

 

Foto: Ilustrasi

Tagarterkini.com, Gaya Hidup – Banyak cara menurunkan asam urat tinggi secara alami yang bisa dan mudah dilakukan. Selain itu, cara menurunkan asam urat tinggi juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Asam urat adalah zat sisa yang dihasilkan oleh tubuh ketika purin, senyawa yang terdapat dalam makanan tertentu, dipecah. Ketika kadar asam urat dalam tubuh meningkat, hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Berikut cara mengatasi asam urat secara alami dan tanpa obat.

1. Diet Sehat

Diet memainkan peran penting dalam mengontrol asam urat. Hindari makanan yang kaya purin, seperti daging merah, hati, dan makanan laut, termasuk ikan sarden dan ikan teri.

Sebaliknya, konsumsi makanan yang rendah purin, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak. Beberapa makanan yang dapat membantu mengurangi asam urat adalah cherry, apel, dan delima. Minum banyak air juga sangat penting untuk membantu menghilangkan asam urat dari tubuh.

2. Kontrol Berat Badan

Orang yang mengalami obesitas lebih rentan terhadap asam urat tinggi. Kegemukan dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.

Dengan menurunkan berat badan melalui diet sehat dan olahraga teratur, Anda dapat mengurangi risiko asam urat tinggi.

3. Olahraga Teratur

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu mengontrol asam urat dan mencegah serangan. Berolahraga membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi berat badan, dan meningkatkan kesehatan sendi.

Pilihan olahraga yang baik meliputi berjalan kaki, bersepeda, dan berenang. Namun, hindari aktivitas yang terlalu intens yang dapat memicu serangan asam urat.

4. Minum Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG), yang telah terbukti memiliki efek mengurangi asam urat dalam tubuh.

Minum teh hijau secara teratur dapat membantu mengontrol kadar asam urat dan memberikan manfaat kesehatan lainnya.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available