Kecamatan Magersari Support Penuh Akreditasi Pelayanan Kesehatan di Wilayahnya

 

 

Foto: Camat Magersari Ary Setiawan saat mengikuti penilian akreditasi di UPT Puskesmas Wates.

Tagarterkini.com, Mojokerto – Sebagai wujud pelayanan maksimal kepada masyarakat, akreditasi pelayanan kesehatan seperti puskesmas wajib dilakukan. Untuk itu, sebagai bentuk suportt terwujudnya pelayanan yang paripurna di masyarakat, Kecamatan Magersari mendukung penuh akreditasi UPT Puskesmas Wates.

“Puskesmas sebagai layanan kesehatan masyarakat, harus memberikan pelayanan terbaik. Untuk itu kita (kecamatan Magersari) selalu mendukung baik kegiatan, support program,” kata Camat Magersari Ary Setiawan, Jumat (20/10/2023).

Mantan Kabag Perekonomian ini menambahkan pembangunan bidang kesehatan adalah investasi khususnya bagi pembangunan sumber daya manusia Indonesia. Pembangunan kesehatan pada dasarnya adalah upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, serta kemampuan setiap orang untuk dapat berperilaku hidup yang sehat untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu perencanaan pembangunan kesehatan yang sistematis, terarah, terpadu dan menyeluruh, serta dibutuhkan keterlibatan berbagai sektor dan seluruh komponen dalam pelaksanaannya,” imbuhnya.

“Kesehatan sangatlah penting bagi masyarakat, oleh karenanya kami sebagai pemangku wilayah berkewajiban mendukung penuh proses akreditasi agar pelayananya lebih baik lagi dalam mewujudkan masyarakat yang sehat”, tambahnya.

Tak hanya itu ia juga menegaskan bahwa Untuk mencapai tujuan pembagunan kesehatan nasional, diselenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang dan terpadu.

“Puskesmas merupakan garda depan dalam menyelenggarakan upaya kesehatan dasar. Itu sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 menjadi landasan hukum dalam penyelenggaraan Puskesmas”, tegasnya.

Disinggung soal apa saja yang akan disurvey reakreditasi Pada hari pertama dilakukan telaah dokumen, pada hari kedua dilakukan telusur lapangan dan pada hari ketiga dilanjutkan telusur dokumen dan lingkungan dalam puskesmas. Selain itu dihari terkahir juga dilakukan wawancara bagi jajaran samping tingkat kecamatan

“Hari ini proses wawancara terkait programnya dan kegiatannya apa saja, serta anggaranya berapa. Setelah mendapat sertifikat akreditasi, ia ingin agar nantinya Puskesmas bisa menjadi lebih baik dan profesional dalam menangani masyarakat”, tutupnya.

Diketahui, Akreditasi disebut sebagai hal yang wajib dan syarat kredensialing (uji kelayakan) bagi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Seperti yang tercantum pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 Tahun 2015, menyatakan bahwa akreditasi Puskesmas adalah wajib dan merupakan kredensialing bagi BPJS.

Dengan akreditasi saat ini, diharapkan UPT Puskesmas dapat memberi keunggulan kompetitif, menjamin kesehatan primer berkualitas, meningkatkan pendidikan pada staf dan pengelolaan resiko, juga meningkatkan reliabilitas pelayanan, ketertiban pendokumentasian dan konsistensi kerja.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available