Sosialisasi Perda Ketertiban Umum di Balongsari, Camat Magersari: Jaga Ketentraman untuk Kemajuan Bersama

 

 

Foto: Camat Magersari Ary Setiawan saat sosialisasi Perda Ketertiban Umum di Kelurahan Balongsari.

 

Tagarterkini.com, Mojokerto — Tentramnya masyarakat akan menjadikan sebuah daerah akan maju dan berkembang. Hal itu yang dikatakan oleh Camat Magersari, Kota Mojokerto Ary Setiawan saat memberikan sosialisasi Perda Kota Mojokerto nomer 3 tahun 2021 tentang penyelenggaraan toleransi, ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat terhadap anggota Linmas Kelurahan Balongsari, Jumat (13/10/2023) malam.

“Jika suatu daerah aman, nyaman, tertib dan tentram maka akan maju dan berkembang daerah itu. Untuk itu penting di masyarakat menjaga ketertiban, toleransi dan ketentraman,” katanya.

Acara yang berlangsung di Kantor Kelurahan Balongsari, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto sekitar pukul 19.00 WIB. Kegiatan ini, diikuti 14 Ketua RT dan RW serta 46 Linmas se Kelurahan Balongsari.

Ary menjelaskan, penyelenggaraan toleransi ketentraman dan ketertiban umum ini bertujuan untuk mendukung terpeliharanya kehidupan masyarakat Kota Mojokerto yang aman, tentram dan tertib dalam keragaman suku, ras, agama, golongan dan sosial ekonomi.

“Selain itu untuk mencegah perkembangan intoleransi dan terjadinya konflik. Semua harus satu tujuan yakni menciptakan masyarakat yang tertib dan aman,” imbuhnya.

Menurutnya Perda nomer 3 tahun 2021, menjadi landasan hukum bagi aparatur pemerintah daerah, pelaku usaha dan masyarakat dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.

“Perda ini juga menjadi landasan terselenggaranya pelayanan publik yang optimal dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum,” tuturnya.

Mantan Kabag Perekonomian Pemkot Mojokerto ini melanjutkan, Perda ini menjamin terselenggaranya ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat dengan mengutamakan partisipasi aktif masyarakat.

“Perda ini juga memberikan kebijakan dan pengaturan bagi Pemda dalam menunjang terciptanya kondisi ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, sebagai syarat penopang stabilitas dan kondusifitas pembangunan daerah,” jelasnya.

Salah satu komponen untuk mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum yakni adanya sistem keamanan lingkungan (siskamling). Selain itu, siskamling juga bisa mempererat rasa persatuan, persaudaraan, dan membentuk nilai-nilai kegotong royongan dalam menciptakan rakyat yang adil dan makmur. Untuk itu, Camat Magersari berharap agar warga Balongsari semakin menghidupi Siskamling.

“Saya berharap kultur nenek moyang kita jangan sampai hilang. Karena fungsi gotong royong, kekeluargaan di antara masyarakat itu menjadi kekuatan masyarakat untuk membentengi dari hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available