Jangan Panik, Nyeri Otot Setelah Olahraga? Begini Cara Mengatasinya

 

 

 

Foto: Ilustrasi

Tagarterkini.com, Tips – Nyeri otot merupakan tanda jika seseorang sudah olahraga cukup keras untuk membuat robekan kecil pada serat otot.

Hal tersebut bisa terjadi ketika ada peningkatan intensitas, frekuensi, atau durasi olahraga, atau saat mencoba olahraga baru.

Namun, bagaimana cara mengatasi atau mempercepat pemulihan nyeri otot pasca olahraga secara alami? Yuk simak ulasan berikut.

1. Minum Air yang Cukup

Tetap terhidrasi adalah aspek penting dari pemulihan otot. Air membuat cairan bergerak melalui sistem tubuh, yang meredakan peradangan, membuang produk limbah, dan memberikan nutrisi ke otot. Jadi, penting untuk minum air yang cukup setelah olahraga.

2. Konsumsi Protein setelah Latihan Intens

Dengan memberi nutrisi untuk otot yang dibutuhkan untuk memperbaiki dan tumbuh kembali lebih kuat, kamu mungkin dapat mempercepat proses pemulihan nyeri otot.

Sebaiknya konsumsi 20 hingga 40 gram protein dan 20 hingga 40 gram karbohidrat dalam waktu 30 menit.

Protein penting untuk asam amino yang dibutuhkan untuk membangun kembali otot. Sementara karbohidrat memainkan peran utama dalam mengisi kembali simpanan bahan bakar yang digunakan otot selama olahraga.

3. Jangan Malas Gerak

Saat mengalami nyeri otot pasca olahraga, kamu mungkin ingin berbaring seharian di kasur dan malas-malasan. Namun, sebenarnya menggerakkan tubuh bisa membuat kamu merasa lebih baik.

Triknya adalah melakukan olahraga atau latihan yang ringan. Misalnya berenang atau mengendarai sepeda, selama sekitar satu jam.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat memberi tubuh kesempatan untuk memperbaiki dirinya sendiri dan mengisi kembali energi. Hari kedua setelah latihan yang intens bisa menjadi yang terberat. Jadi, pastikan untuk istirahat yang cukup, dan lakukan hanya olahraga atau aktivitas fisik yang ringan saja.

5. Kompres Hangat

Jika nyeri otot masih terasa setelah 48 jam, coba kompres hangat. Ini dapat merangsang aliran darah ke otot untuk meredakan ketegangan dan membantu kamu merasa lebih baik.

Cobalah handuk hangat atau bantal pemanas. Namun, hati-hati jangan terlalu panas, untuk mencegah terjadinya luka bakar dan otot yang justru meradang lebih lanjut. Hindari kontak langsung dengan perangkat pemanas apa pun.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available