Diprakarsai Pemuda Sumolepen, Peringatan Maulid Nabi Kelurahan Balongsari Dihadiri Ratusan Warga

 

Foto: Lurah Balongsari Ageng Ardhyanto S.STP berfoto bersama pemuda Sumolepen

Tagarterkini.com, Mojokerto – Pemuda Lingkungan Sumolepen menginisiasi peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Kelurahan Balongsari, Kecamatan Magersari.

Perkumpulan pemuda Sumolepen itu menggelar Pengajian diiringi Sholawat Rebana Modern Kyai Mbethik, Sabtu (30/9/2023) malam.

Selain sholawat, acara juga diisi oleh tausiah dari Gus Atho Taufiq dari Gresik ini disambut antusiasme ratusan warga yang hadir ke Sumolepen Gang Sawah Kelurahan balongsari.

Suksesnya acara Maulid Nabi yang diinisiasi oleh para pemuda mendapat sambutan positif dari Lurah Balongsari Ageng Ardhyanto S.STP. Ia mengapresiasi pemuda di lingkungan Balongsari umumnya dan pemuda Sumolepen pada khususnya yang merupakan panitia acara ini. Ia berharap seluruh warga Kelurahan Balongsari semakin kompak dan maju.

“Supaya warga Sumolepen dan Balongsari secara umumnya bisa semakin kompak dan maju. Setiap event dan lomba kita bisa jadi yang terbaik,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Camat Magersari Ary Setiawan S.STP, MSi mengatakan, kegiatan ini adalah cara mereka merawat tradisi sekaligus ungkapan rasa syukur atas kelahiran Rasulullah.

“Sebagai rasa syukur kita kepada kelahiran Rasulullah, kita melakukan shodaqoh, agar mendapatkan syafaatnya,” ucapnya.

Ini merupakan kolaborasi antara semangat religi dan budaya setempat. Tradisi ini menjadi bukti harmonisnya masyarakat di Kota Mojokerto.

“Kegiatan ini perlu untuk terus kita lestarikan kita wariskan kepada anak cucu kita,” tukasnya.

Ditempat yang sama  Gus Atho Taufiq menekankan pentingnya berbudaya dalam beragama.

’’Sekarang budaya dan tradisi banyak yang dilupakan. Seperti budaya warisan Wali Sanga dalam peringatan Maulid Nabi. Di sini luar biasa. Apalagi Mojokerto lekat budaya Majapahitnya,’’ ujarnya.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available