Atasi Masalah Sampah, Kelurahan Mentikan Cetuskan 3R

 

 

Foto: Sosialisasi mengatasi sampah dengan konsep 3R di kelurahan Mentikan

Tagarterkini.com, Mojokerto — Kelurahan Mentikan merupakan salah satu Kelurahan yang ada di Kota Mojokerto. Tepatnya di Wilayah Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto yang mempunyai luas wilayah 18,90 ha, dengan jumlah penduduk 6.323 jiwa. Yang terbagi dalam 4 lingkungan yaitu Lingk. Mentikan, Lingk. Cakarayam dan Lingk Sidomulyo.

Terdapat berbagai permasalahan yang ada di Kelurahan Mentikan, diantaranya pengolahan sampah yang belum maksimal ditambah kurangnya kesadaran amsyarakat akan pengolahan dan jenis sampah. Pengolahan sampah yang masih menggunakan paradigma lama yaitu “kumpulangkut-buang‟ tanpa diolah terlebih dahulu menyebabkan besarnya jumlah timbulan sampah yang masuk ke TPA setiap harinya.

Sementara itu, rendahnya kapasitas TPA menyebabkan semakin berkurangnya kemampuan TPA dalam menampung sampah sedangkan jumlah produksi sampah semakin meningkat setiap harinya, sampah yang dihasilkan per hari adalah 1,5 – 2 ton.

Sehingga dengan adanya Inovasi Pengelolaan sampah menuju Go Green berbasis 3R (Reduce, Reuse, Recyle) di harapakan menjadi untuk mengurangi jumlah sampah yang akan diolah lebih lanjut di TPA sehingga dapat meminimalkan jumlah timbunan sampah yang dibuang ke TPA Kelurahan Mentikan karena penanganan sampah dengan pendekatan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) lebih menekankan kepada cara mengurangi, memanfaatkan dan mengolah sejak dari sumbernya.

Konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dapat menjadi alternatif peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kelurahan Mentikan.

Sebagaimana seperti yang dikatakan oleh Kepala seksi Perekonomian Fisik dan Prasarana Wilayah Kelurahan Mentikan Sukma Primandini, SE bahwa Inovasi Pengelolaan sampah menuju Go Green berbasis 3R (Reduce, Reuse, Recyle) Di RT.002 RW.001 Lingkungan Cakarayam Kelurahan Mentikan adalah salah satu solusi atas permasalahan yang sering timbul terkait sampah dan menjadikan Lingkungan cakarayam ini menjadi percontohan untuk lingkungan lingkungan lainnya.

 

 

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available