Inovasi Aplikasi KRATU MELESAT, Manfaatkan Gadget untuk Informasi Siswa dan Sekolah

 

 

Foto: Walimurid saat ikut sosialisasi aplikasi KRATU MELESAT SDN Kranggan 1.

Tagarterkini.com, Mojokerto — Tiap sekolah pasti memiliki metode tersendiri untuk menjalin komunikasi dengan wali murid. Salah satu metode yang dipakai adalah pemberian informasi melalui surat edaran.

Namun belakangan ini, pemberian informasi dan komunikasi antara pihak sekolah dan wali murid dilakukan melalui grup chat kelas di aplikasi whatsapp. Namun ramainya aktivitas chat yang ada di setiap grup whatsapp kelas, membuat beberapa wali murid tertinggal informasi. Wali murid yang tidak menyimak obrolan dari atas, akan kembali bertanya sehingga obrolan menjadi tidak efektif dan tidak efisien. Selain itu, guru juga menjadi sibuk melayani dan membalas pertanyaan wali murid satu per satu.

SDN Kranggan 1 menggagas autorespon berbasis chatbot pada aplikasi whatsapp yang berisi informasi terkini tentang sekolah. Autorespon berbasis chatbot pada aplikasi whatsapp juga membantu meringankan beban guru dalam melayani walimurid. Pada chatbot ini walimurid dapat mengakses informasi, sebagai berikut : Profil SDN Kranggan1; Data Personil SDN Kranggan 1; Rekap RKAS; Data Prestasi Siswa; Jadwal Pelajaran; Presensi Siswa; Nilai Raport; Pengumuman; Galery Kegiatan; Bank Soal; Survey Kepuasaan Masyarakat; Kotak Saran; Data Alumni; Media Sosial.

Sehingga diharapkan dengan adanya inovasi layanan publik ini pemberitahuan informasi sekolah secara manual yang memakan waktu dapat dipangkas dengan teknologi komunikasi chatbot automatis berbasis aplikasi whatsapp.

Pada hari Selasa, tanggal 25 Juli 2023 SDN Kranggan 1 mengundang seluruh wali murid kelas 1 s.d kelas 6 untuk mensosialisasikan penggunaan aplikasi KRATU MELESAT. Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak dua sesi bertempat di Aula SDN Kranggan 1. Tiap sesi dihadiri 65 orang wali murid.

Rapat rutin tiap tahun ini juga dijadikan kesempatan untuk menyampaikan program yang ada di SDN Kranggan 1. Nuryono, S.Pd selaku kepala SDN Kranggan 1 mengatakan bahwa aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah wali murid mendapatkan informasi sekolah dengan lebih cepat dan efisien.

Pada kesempatan tersebut, semua wali murid mencoba penggunaan aplikasi KRATU MELESAT menggunakan handphone milik pribadi.

“Aplikasi ini mudah digunakan,” kata Novie Poespitasari wali murid kelas 5 SDN Kranggan 1.

Walimurid bersemangat untuk mencoba beberapa macam informasi yang disediakan melalui chatbot. “Aplikasi ini dapat diakses dimana pun dan kapan pun. Tidak perlu khawatir dengan biaya yang ditimbulkan karena aplikasi ini tidak butuh banyak data kuota serta tidak membutuhkan memori yang besar,” terang Nuryono, S.Pd selaku narasumber.

Guru dan tenaga kependidikan akan senantiasa mengupdate informasi yang ada di KRATU MELESAT. Alumni juga masih dapat mengakses KRATU MELESAT untuk melihat data mereka kembali. Tentu saja data dapat dibuka dengan kode tertentu.

Karena data nilai bersifat rahasia, maka siswa atau wali murid hanya dapat membuka dengan cara menginput data NISN siswa. Kami berharap aplikasi ini dapat bermanfaat bagi warga sekolah dan terus dikembangkan agar lebih sempurna.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available