Inovasi Vila Bu Camat Milik Puskesmas Blooto untuk Tekan Angka Kerusakan Gigi

 

Foto: Petugas kesehatan saat sosialisasi Vila Bu Camat ke masyarakat.

Tagarterkini.com, Mojokerto — Peningkatan Pengetahuan Ibu Terkait Kesehatan Gigi Anak Balita Dengan Video, Leaflat, Alat edukasi Ibu Cermat Gigi Anak Sehat (VILA BU CAMAT).

VILA BU CAMAT merupakan akronim dari Video, Leaflat, Alat edukasi Ibu Cermat Gigi Anak Sehat, merupakan sebuah inovasi di poli gigi UPT Puskesmas Blooto yang hadir akibat banyaknya kasus kerusakan gigi pada anak usia balita yang diakibatkan masih rendahnya pengetahuan Ibu terkait permaslahan kesehatan gigi.

Menurut pendapat Kepala Puskesmas Blooto “dr. Shofia Kurniawanti, masalah kesehatan gigi sangat berperan penting terhadap tumbuh kembang anak balita”.
Inovasi ini menjadi jawaban untuk menekan angka kerusakan gigi yang bisa terlihat setiap tahunnya melalui monitoring PKP( penilaian kinerja puskesmas) untuk rasio gigi anak yang mendpatakan perwatan gigi baik upya promotif, kuratif dan preventif.
Inovasi ini terdiri dari beberapa tahapan utama : pertama melakukan pre test terkait pengtahuan ibua terhadap permsalah kesehtan gigi dan mulut, kedua melakukan sosialisasi berupa penyuluhan terkait kesehatan gigi dan mulut, melakukan postest untuk mengukur hasil pengetahuan ibu.

Kegiatan ini berlangsung selama beberpa periode waktu menyesuikan dangan jdwal posyandu balita yang ada di wilayah kerja puskesmas blooto. Setelah ada inovasi ini terdapat perubahan signifikan terhadap monitoring PKP dari dari adanya inovasi ini adanya peningkatan capaian data tahun 2020 gigi tetap yang dirawat menunjukkan angka persentase 70% sebelum adanya program inovasi. Setelah ada inovasi 2021 dan 2022 capaiannya persentasenya menjadi 100%.

Hal ini menandakan terdapat peningkatan kepedulian para orang tua untuk mau menjaga kesehatan gigi dan mulut anak balitanya.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available