Jangan Panik! 6 Cara Mengatasi Motor Mogok Saat Hujan

 

 

Foto: Ilustrasi

Tagarterkini.com, Tagar Tips – Pada saat musim hujan seperti ini banyak motor yang mogok saat digunakan kala hujan akibat menerobos genangan yang tinggi hingga air masuk ke area mesin.

Pengapian dan saringan udara yang basah atau korsleting kelistrikan di motor bisa terjadi jika terkena genangan air akibat menerobos hujan.

Dilansir dari tempo.co berikut enam cara mengatasi motor mogok saat hujan.

1. Amati dan cari tahu penyebab mogok

Langkah pertama jika motor tiba-tiba tidak bisa berjalan adalah mengamati dan memastikan penyebab mogoknya. Posisikan motor seaman mungkin dan di tempat yang kering demi mencegah air menghantarkan listrik yang dapat mengenai. Kemudian pilih tempat yang longgar dan tidak banyak orang, agar konsentrasi tidak terganggu.

2. Periksa kondisi busi

Melansir dari laman deltalube.com, busi merupakan komponen penting dalam motor yang berperan dalam proses pengapian. Jika busi bermasalah, maka motor pun juga dapat bermasalah.

Posisi busi dan cangklong busi yang berada di posisi rendah membuatnya rawan terendam air saat hujan atau ada genangan air. Apabila motor mogok, coba periksa kondisi businya. Jika di ujung busi terdapat air, bersihkanlah dan keringkanlah.

3. Periksa karburator

Karburator bisa saja kemasukan air hingga membuat motor mogok. Mengutip dari laman astramotor.co.id, membersihkan karburator bisa dilakukan dengan cara menutup keran saluran bensin dari tangki lalu keluarkan bahan bakar yang tertinggal di dalam karburator.

4. Periksa kondisi kelistrikan motor

Perhatikan kedua kutub aki. Jika ada warna putih di sana, maka kemungkinan air masuk ke dalam aki dan membentuk garam. Kondisi ini bakal menghambat arus listrik di motor. Sebaiknya, segera bawa motor ke bengkel terdekat.

5. Periksa knalpot motor

Untuk mengetahui kondisi knalpot apakah kemasukan air atau tidak, cobalah mengeluarkan air yang ada di dalamnya.

Caranya, posisikan motor bagian belakang lebih rendah dibandingkan dengan bagian depan. Gunakan bantuan standar belakang dan kayu penyangga. Kemudian tinggal tunggu air yang ada di knalpot keluar. Setelah itu, coba nyalakan kembali mesin motor.

6. Panaskan mesin motor

Udara dan cuaca yang dingin bisa menyebabkan motor mogok tiba-tiba di tengah jalan. Jika memang terjadi, cobalah panaskan motor tanpa menggunakannya terlebih dahulu. Jika sudah bisa menyala dengan stabil, maka motor baru bisa digunakan.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available