Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Hujan Agar Tak Mudah Terserang Penyakit

 

 

Foto: Ilustrasi

Tagarterkini.com, Tagar Tips – Tubuh manusia sangat sensitif terhadap perubahan suhu, terutama saat pergantian musim dari kemarau ke hujan.

Kondisi seperti itu seringkali membuat tubuh manusia rentan terhadap berbagai penyakit. Ini karena sistem kekebalan tubuh manusia mudah melemah.

Berikut beberapa tips menjaga kebugaran tubuh agar tetap fit saat musim hujan.

1. Hal pertama yang harus diperhatikan saat musim hujan adalah selalu memakai pakaian yang dapat melindungi Anda dari hujan saat berada di luar.

Ingatlah untuk membawa payung atau jas hujan saat bepergian dan beraktivitas di luar ruangan agar tidak basah.

Mengapa demikian karena ketika tubuh terpapar suhu dingin yang tidak biasa, tubuh melemah.

2. Saat hujan, biasanya Anda akan menemukan genangan air yang kotor atau selokan yang tersumbat, belum lagi tumpukan puing-puing yang berair.

Hal ini sangat berbahaya karena tumpukan sampah dapat menyebabkan banjir. Jangan lupa untuk memeriksa selokan dan pembuangan sampah di lingkungan sekitar.

3. Saat musim hujan, rumah harus bersih. Jangan lupa untuk membersihkan rumah dan menjaga kebersihan dapur dan kamar mandi. Selain itu kebersihan apartemen, kebersihan halaman dan sekitarnya. Jangan biarkan sampah menumpuk, tapi perhatikan saluran-saluran tempat air mengalir.

Segera bersihkan jika sangat kotor. Selalu ingat bahwa sampah adalah tempat berkembang biaknya penyakit. Kebersihan harus selalu dipastikan untuk menjaga kesehatan. 3. Selalu sediakan makanan untuk rumah. Biasanya saat musim hujan, tubuh membutuhkan lebih banyak energi sehingga mudah lapar.

Tak sedikit orang yang memilih menunda makan dengan dalih menunggu hujan reda, padahal jelas menunda makan bukanlah hal yang baik.

4. Saat musim hujan, jaga agar tubuh kita tetap hangat, karena saat cuaca dingin, tubuh menggunakan lebih banyak energi.

5. Yang terakhir adalah istirahat yang cukup walaupun banyak pekerjaan. Anda tidak boleh mengabaikannya di malam hari ketika Anda merasa mengantuk dan lelah, Anda harus segera tidur.

Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup karena terlalu banyak tidur akan melemahkan dan membuat tubuh menjadi kaku.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available