Mengenal Inovasi Mima Andalan Puskesmas Kranggan Kota Mojokerto

 

 

 

Foto: Petugas saat mengenalkan kelas Mima

Tagarterkini.com, Mojokerto — Inovasi Kelas MIMA (Mimik Mama) adalah salah satu inovasi UPT Puskesmas Kranggan dibawah naungan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kota Mojokerto yang dibuat pada tanggal 17 Januari 2023.

Inovasi ini dikenalkan oleh salah satu ASN yang bernama Dessi Setya Ningrum. Sasaran kelas MIMA ini adalah ibu hamil mulai trimester pertama ,ibu nifas serta keluarga. Inovasi ini dibuat dikarenakan capaian ASI Eksklusif di tahun 2022 di wilayah kerja puskesmas kranggan hanya 64%. Berdasarkan penelitian Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), angka ibu yang pernah menyusui anak di Indonesia sudah tinggi, yaitu 90%, namun yang memberikan secara eksklusif selama 6 bulan masih rendah sebesar 20%.

Oleh sebab itu munculah inovasi yang bernama Kelas MIMA (Mimik Mama) dengan tujuan untuk meningkatkan capaian ASI eksklusif dan menurunkan angkat kejadian stunting di Kota Mojokerto.

Kegiatan kelas MIMA ini dilakukan dengan memberikan penyuluhan dan konseling baik secara langsung maupun dari aplikasi WhatsUp. Diharapkan dengan adanya kelas MIMA ini maka pengetahuan, wawasan dan kesadaran ibu serta keluarga meningkat tentang pentingnya pemberian ASI Eksklusif kepada si buah hati di masa 6 bulan pertama kehidupannya.

ASI saja cukup untuk si buah hati yang masih berusia dibawah 6 bulan. Merubah stigma ini memang tidak mudah tetapi jika kita hanya diam tanpa memberikan aksi maka pemberian ASI Eksklusif tidak akan bisa tercapai dengan optimal.

Oleh sebab itu memberikan pengetahuan kepada ibu yang di mulai dari ibu hamil trimester pertama sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran ibu bahwa ASI saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si buah hati selama 6 bulan kehidupan pertama. Memberikan ASI Eksklusif itu Keren, Bayi Sehat, Bye stunting.

 

 

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available