Murah Meriah! Cara Bikin Teri Krispi yang Gurih dan Renyah

 

 

 

Foto: Ilustrasi

Tagarterkini.com, Tagar Kuliner – Teri menjadi salah satu jenis ikan yang kerap diolah. Selain mudah dijumpai, ikan kecil satu ini juga dibanderol dengan harga relatif murah.

Tak heran banyak orang yang sengaja membelinya dalam jumlah banyak untuk dijadikan stok di rumah. Teri sendiri terdiri menjadi berbagai jenis, mulai dari teri Medan, teri jengkol, teri nasi, maupun jenis teri lainnya.

Semua jenis teri sama-sama menawarkan cita rasa enak dan khas. Sama seperti jenis ikan lainnya, kamu pun bisa mengolah teri menjadi berbagai hidangan menggugah selera. Salah satunya yakni digoreng jadi teri krispi.

Teri krispi ini selain enak dijadikan camilan, cocok pula dihidangkan menjadi lauk pendamping nasi. Dijamin akan membuat nafsu makan semakin bertambah.

Penasaran, kan bagaimana cara membuat teri krispi? Berikut Lenterainspiratif.id lansir dari YouTube/TheHasanVideo pada Rabu (28/12/2022).

Bahan yang dibutuhkan:

– 500 gr teri Medan
– 400 gr tepung protein sedang
– 200 gr tepung bumbu instan
– 30 gr tepung tapioka
– 30 gr tepung beras
– 5 lembar daun jeruk, iris tipis
– 1 sdt kaldu ayam bubuk
– 1 sdt merica bubuk
– 500 ml air bersih
– 30 ml santan

Cara membuat :

1. Cuci bersih 500 gr teri Medan sebanyak 5 sampai 6 kali hingga air bilasan benar-benar menjadi bersih. Lalu saring dan tiriskan.

2. Siapkan wadah, campur 400 gr tepung protein sedang, 200 gr tepung bumbu instan, 30 gr tepung tapioka, 30 gr tepung beras, irisan daun jeruk, 1 sdt kaldu ayam bubuk, dan 1 sdt merica bubuk. Aduk merata.

3. Masukkan 500 ml air bersih ke wadah, lalu tambahkan 30 ml santan instan. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

4. Ambil satu wadah, masukkan secukupnya. Taburkan campuran tepung secukupnya. Aduk-aduk hingga seluruh teri terbalut tepung.

5. Kemudian ayak teri hingga sisa tepung yang tidak menempel tersisihkan.

6. Agar lapisan teri semakin tebal, masukkan teri ke dalam larutan santan. Pastikan semuanya benar-benar terendam, lalu angkat kembali.

7. Jika sudah, masukkan teri ke dalam wadah berisi campuran tepung. Aduk-aduk menggunakan tangan agar semakin merata. Ayak kembali agar teri terbebas dari sisa tepung yang tidak menempel.

8. Masukkan teri ke wajan berisi minyak goreng yang panas. Gunakan api dalam kondisi sedang. Aduk sesekali agar teri bisa matang secara merata.

9. Apabila teri sudah terlihat kering, kecilkan api kompor dan aduk-aduk terus agar teri tidak gosong. Angkat jika teri sudah matang dan berubah warna. Tiriskan dan masukkan teri krispi ke dalam wadah tertutup agar renyah tahan lama.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available