Kamu Sering Insomnia? Inilah Cara Agar Cepat Tidur Menurut Medis

 

 

 

 

Foto: Ilustrasi

Tagarterkini.com, Tagar Tips – Banyak orang yang alami gangguan tidur, hingga merasa kesulitan untuk terlelap. Biasanya hal ini terjadi karena beragam faktor, mulai dari overthinking, stres, dan lain sebagainya.

Menurut medis, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar seseorang dapat tidur cepat dan mengurangi insomnia.

1. Cari posisi dan situasi yang tenang

Pastikan situasi di sekitar tenang. Lingkungan sekitar yang cenderung berisik dapat membuat tidur menjadi lebih susah dilakukan. Selain itu, cari posisi yang rileks. Bisa dengan berbaring atau bahkan duduk. Apapun posisinya, asalkan tetap dapat membuat tubuh lebih nyaman dan tetap aman.

2. Redupkan atau matikan lampu

Mematikan lampu ruangan dapat membuat suasana lebih tenang, bahkan menurut penelitian tidur pun bisa lebih berkualitas. Namun, tidak semua orang dapat tidur dalam kegelapan. Jadi jika memang tidak memungkinkan untuk mematikan lampu, maka bisa dengan menggunakan lampu tidur atau apapun yang pencahayaannya redup.

3. Nonaktifkan gadget dan barang elektronik lainnya

Selama gadget atau barang elektronik lain masih menyala, kemungkinan untuk tidur cepat akan tetap susah. Terlepas suasana ruangan sudah mendukung. Karena gadget dan sejenisnya kerap menjadi pemicu utama seseorang jadi kesulitan tidur. Terlebih penggunaan sosial media dan tontonan serial drama yang kerap menarik perhatian.

4. Visualkan memori kenangan indah

Setelah posisi dan kondisi tubuh sudah cukup rileks, maka kamu juga bisa lakukan cara memvisualisasikan memori dengan kenangan-kenangan indah di masa lalu. Di mana kamu merasa nyaman di suatu tempat. Kamu mungkin bisa membayangkan tempat-tempat indah, seperti pengalaman pergi ke danau, pantai, gunung, atau area pedesaan yang asri.

5. Buang napas lebih pelan daripada saat menariknya

Saat membayangkan suasana yang tenang dan nyaman tersebut, kamu bisa menarik napas dan kemudian membuangnya dengan pelan. Tidak lupa, lakukan cara ini dengan rutin setiap hendak tidur. Selain tidur dapat lebih cepat, juga bisa membuatnya lebih berkualitas.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available