Unik, Puskesmas Wates Kendalikan Diabetes dengan Bersenam Ria

 

TagarTerkini, Mojokerto – UPT Puskesmas Wates Kota Mojokerto mempunyai cara yang unik dalam mengendalikan penyakit diabetes, yaitu dengan bersenam ria. Hal itu diyakini dapat menurunkan angka komplikasi dan memperpanjang harapan hidup bagi para penyandang penyakit diabetes.

 

Gerakan bernama Serbuk Pedia (Senam, Rembuk untuk Pengendalian Diabetes) ini rutin dilakukan setiap bulan dengan menyasar sejumlah Posyandu Lansia. Selain diajak bersenam, para lansia juga diberikan edukasi kesehatan dengan menghadirkan narasumber berkompeten.

 

 

“Hal ini penting karena penyakit tidak menular dapat dicegah dengan mengeliminasi faktor risiko dan mengobati penderita agar terhindar dari komplikasi,” kata Riris Susiana Dewi, salah satu Perawat sekaligus inovator Serbuk Pedia, (30/11/2022).

 

Dalam data monev SPM tahun 2022, angka penyandang diabetes batu berada menyentuh 1780. Capaian itu telah melampaui target sebanyak 747. Oleh karenanya, dengan program ini diharapkan bisa mendeteksi dini para penyandang diabetes dan mengendalikannya.

 

“Program ini akan mempermudah mendeteksi penyandang Diabetes serta mengendalikannya. Hal itu untuk menghindari dari komplikasi dan dapat memperpanjang harapan hidup pra penyandang penyakit diabetes melitus,” pungkas Riris.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available