Ini 5 Tips Meningkatkan Metabolisme Tubuh Agar Tetap Sehat

 

Foto: Ilustrasi

Tagarterkini.com, Tagar Tips –┬áMetabolisme tubuh yang melemah tentu akan banyak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Beberapa di antaranya jadi sulit konsentrasi, sakit kepala, sistem pencernaan terganggu, haid tidak teratur, suasana hati menjadi tidak menentu, kulit jadi kering dan muncul jerawat, hingga sulitnya menurunkan berat badan.

Maka dari itu metabolisme tubuh perlu diperhatikan. Adapun cara meningkatkan metabolisme tubuh, di antaranya dengan;

1. Makan teratur

Penelitian membuktikan bahwa makan dengan waktu yang teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Di mana makan teratur dapat memperbaiki ritme sikardian tubuh, sehingga secara tidak langsung dapat membuat metabolisme seseorang jadi lebih tinggi.

2. Makan tinggi protein

Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan protein juga dapat memberikan manfaat meningkatkan metabolisme tubuh. Adapun makanan yang tinggi protein ialah daging ayam, daging sapi, tahu, dan tempe. Bahkan, makanan tersebut juga berguna untuk menstabilkan kadar gula darah, menahan keinginan untuk makan makanan ringan, hingga meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.

3. Minum teh hijau

Minuman berbahan dasar daun teh ini tinggi akan kandungan antioksidan dan katekin. Di mana keduanya dapat berfungsi untuk menahan napsu makan makanan ringan. Selain itu juga bermanfaat dalam membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori lebih banyak.

4. Mengurangi stres

Selain memperhatikan asupan makanan dan minuman, metabolisme tubuh juga dapat meningkat ketika seseorang mengurangi stres. Hal ini tidak lepas dari hormon cortisol yang dilepaskan ketika seseorang alami stres. Di mana cortisol dapat menyebabkan gangguan makan hingga membuat metabolisme jadi lemah.

5. Perbaiki pola tidur

Mereka yang jam tidurnya rendah juga rentan memiliki metabolisme tubuh yang lemah. Terlebih lagi bagi yang pola tidurnya berantakan. Kadang sore tidur lebih lama, atau malamnya tidur terlalu singkat, semua itu dapat memicu menurunnya kadar metabolisme. Jadi untuk meningkatkannya, pastikan tidur yang berkualitas, sekitar 6-8 jam setiao hari dan pada waktu yang tepat.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available