Simak Kisah Dibalik Nama ‘Bulan Agustus’ dan 3 Peristiwa Penting Didalamnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

 

 

 

Foto: Ilustrasi

Tagarterkini.com, Tagar Sejarah —  Hari ini adalah awal dari bulan Agustus. Tapi, apakah kalian tau asal usul nama bulan Agustus berasal? Jadi, Asal usul nama augustus diambil dari nama Kaisar Romawi pertama yang bernama Augustus Caesar.

Kini, bulan Agustus adalah bulan kedelapan dalam kalender Masehi atau Gregorian. Bulan Agustus terdiri dari 31 hari atau 4 minggu lebih 3 hari. Dalam sejarahnya, Agustus ternyata merupakan bulan keenam dalam kalender sebelum King Numa Pompilius menambahkan bulan Januari dan Februari di kalender tahunan.

Sebelum King Numa Pompilius berkuasa, bulan Agustus sebenarnya bernama Sextilis yang berarti keenam dalam bahasa Latin. Sebab, pada masa itu jumlah bulan hanya terdiri dari 10 bulan karena musim dingin yang terjadi setelah Desember tidak dihitung dan awal tahun dimulai pada bulan Maret.

Barulah ketika King Numa Pompilius berkuasa, ia menambahkan dua bulan sebelum Maret, yakni Januari dan Februari. Sehingga urutan bulan Agustus yang sebelumnya nomor enam menjadi urutan kedelapan.

Bahkan, Bulan Agustus sebelumnya terdiri dari 29 hari saja, namun Julius Caesar menambahkan dua hari saat membuat kalender Julian pada 46 SM.

Julius Caesar juga mengganti nama Sextilis menjadi August, dari nama Augustus Caesar, seorang kaisar Roma pertama yang memimpin kekaisaran Roma pada 27 SM hingga kematiannya. Julius Caesar ingin memberi penghormatan kepada Augustus dengan memasukkan namanya pada bulan itu karena kemenangan Augustus banyak terjadi di bulan tersebut.

Setiap tahunnya, bulan Agustus selalu berakhir di hari yang sama dengan bulan November namun tak pernah dimulai dengan hari yang sama dengan bulan apapun. Hanya pada tahun kabisat, bulan Agustus dimulai dengan hari yang sama dengan bulan Februari namun tetap berakhir di hari yang sama dengan bulan November. Anak yang lahir pada bulan Agustus berzodiak Leo.

Seperti yang kita ketahui, bulan Agustus merupakan sebuah saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Terdapat banyak peristiwa bersejarah penting yang terjadi di bulan ini sehingga menghantarkan Indonesia menuju kemerdekaan.

Berikut ini tiga sejarah penting di bulan Agustus:

1. Bom Atom Hiroshima dan Nagasaki (6 & 9 Agustus 1945)

Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki pada bulan Agustus 1945 di tahap akhir Perang Dunia II. Pihak sekutu melakukan persetujuan ini sebagaimana tertuang yang sudah didiskusikan dalam Perjanjian Quebec.

2. Jepang Menyerah Kepada Sekutu

Enam hari setelah peristiwa yang menimpa Hiroshima dan Nagasaki, Jepang menyatakan untuk menyerah tanpa syarat kepada pihak Sekutu. Kekalahan Jepang dinyatakan langsung oleh Kaisar Hirohita di stasiun radio nasional.

3. BPUPKI Dibubarkan

Kekalahan Jepang atas Sekutu membuat para pemuda dan tokoh masyarakat berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan Indonesia bergegas mendeklarasikan proklamasi. Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang dibentuk oleh pemerintah Jepang pada 29 April 1945 akhirnya bubar pada 7 Agustus 1945.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berita Terkait

Menarik Lainnya

No Content Available

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terpopuler

%d blogger menyukai ini: