Puskesmas Wates Kota Mojokerto Perangi Penyakit TBC dengan MBAK DESI BRANTAS

 

TagarTerkini, Mojokerto – Puskesmas Wates serius memberantas penyakit Tuberkulosis (TBC) di wilayahnya. Salah satunya dengan membuat inovasi bernama MBAK DESI BRANTAS (Pemberdayaan Masyarakat Melalui Desinfeksi Kamar Tidur Penderita TBC).

 

Kepala Puskesmas Wates dr. Mar’atus Sholikhah mengatakan bahwa Kegiatan inovasi ini dilaksanakan sebagai upaya pengendalian kualitas udara di lingkungan rumah pasien TBC. Tujuannya untuk mencegah ekspansi perkembangbiakan bakteri dan penularan ke rumah tetangga serta reinfeksi ke penderita.

 

”Dengan diluncurkanya Inovasi MBAK DESI BRANTAS TBC mampu menurunkan kuman di udara 70,83 persen hingga 100 persen,” ucapnya pada, Jumat (15/7/2022).

 

Inovasi Mbak Desi Brantas TBC mempunyai dasar hukum dalam bentuk Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh Kepala Puskesmas dengan Nomor : 188.4/34/417.302.6/2020. Dalam program MBAK DESI BRANTAS TBC ini, Puskesmas Wates melakukan desinfeksi kamar tidur penderita TBC di wilayah kelurahan Wates.

 

“Kegiatan ini diinisiasi oleh Kader TBC, Kader Motivator Kesehatan, Pokja Kelurahan Sehat dan Lembaga Pengabdian Masyarakat wilayah Kelurahan Wates dengan sistem Pemberdayaan Masyarakat,” pungkasnya.

 

 

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available