Pansus DPRD Soal BPRS, Hasilkan 5 Rekomendasi untuk Selamatkan Bank

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

 

Foto: Kantor BPRS Mojo Artha

Tagarterkini.com, Mojokerto — Kondisi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Mojo Artha yang koplas melatarbelakangi pembentukan Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Mojokerto. Kini masa kerj pansus itu telah berakhir, lantas apa hasilnya?

Unit khusus bentukan DPRD Kota Mojokerto yang bekerja enam bulan silam ini telah menghasilkan lima rekomendasi. Salah satu rekomendasi ini segera disorong ke eksekutif dalam rapat paripurna Dewan pada Juli ini.

Wakil Ketua Pansus BPRS, Mochamad Harun mengungkapkan pihaknya telah bekerja secara maksimal demi mengurai dan mencari solusi atas problem di bank plat merah ini. “Sudah ada hasil, dan segera kita paripurnakan Juli ini, ” Kata politisi Gerindra ini, Senin (11/07/2022).

Hanya saja Harun enggan merinci secara detail isi rekomendasi tersebut. Harun mengungkapkan enggan melampaui wewenang ketua Pansus, Moeljadi. “Biar mas Moel saja yang menyampaikan detailnya, ” Imbuhnya.

Tapi yang jelas, lanjutnya, inti dari rekomendasi tersebut adalah pengupayaan penyehatan bank tersebut. Sebab, katanya, tanggungan dana nasabah di BPRS ini sangat besar. “Tanggungannya sangat besar. Kita bersama konsultan kita yakni pihak Unair (Universitas Airlangga) Surabaya dan pihak LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) sudah berusaha mencari opsi terbaik, ” Pungkasnya.

Soal adanya sanksi hukum terhadap BPRS Dewan nantinya akan menyerahkan kepada aparat penegak hukum (APH). Sebab menurut Harun hal itu diluar ranah Legislatif.

Pembentukan pansus BPRS oleh DPRD Kota Mojokerto ini dilatarbelakangi munculnya kesulitan pembayaran nasabah oleh pihak bank. Kasus ini telah didalami pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Mojokerto dan berakhir dengan munculnya sejumlah nama tersangka.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terpopuler

%d blogger menyukai ini: