Begini Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh dengan Mengatur Pola Makan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

 

Tagarterkini.com, Tagar Sehat – Kesehatan tubuh kita juga ditentukan oleh pola makan dan makanan yang kita konsumsi. Untuk itu kita harus pintar-pintar memilih makanan dan mengatur pola makan kita agar sistem kekebalan tubuh meningkat.

Hal itu dikarenakan ketika sistem kekebalan tubuh melemah maka tubuh akan rentan terkena penyakit. Dilansir dari Eat This (6/4) ada beberapa tips makan sehat yang memberi pengaruh positif pada sistem kekebalan tubuh.

1. Mengkonsumsi sayuran
Bukan hanya sayuran berwarna hijau saja yang sehat. Tetapi sayuran berwarna oranye, merah atau warna gelap lainnya juga disarankan untuk dikonsumsi.

Sayuran aneka warna ini mengandung banyak serat dan senyawa antioksidan seperti klorofil, likopen, beta-karoten, lutein, dan anthocyanidins yang berkhasiat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Antioksidan dalam sayuran ini juga menjaga kesehatan pembuluh darah, membuat mata sehat hingga membantu mencegah kanker.

Kamu bisa memilih aneka sayuran seperti wortel, pokchoy, selada, terong hingga paprika merah. Campurkan sayuran ini sebagai santapan saat makan siang ataupun malam.

2. Konsumsi beraneka buah
Buah segar mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sebut saja misalnya vitamin, mineral, serat dan nutrisi lainnya terkandung dalam buah. Untuk mendapatkan manfaat ekstra dari konsumsi buah, cobalah makan aneka buah berwarna.

Coba konsumsi buah berwarna merah seperti cranberry atau delima, hijau seperti kiwi atau melon, ungu seperti plum atau buah ara, atau kuning seperti nanas atau aprikot. Buah-buahan yang berbeda warna ini mengandung berbagai vitamin, mineral, dan fitokimia untuk membantu melawan penyakit.

Buah paling bagus dikonsumsi dalam keadaan segar, namun tak ada salahnya jika kamu juga mengonsumsi buah kering atau buah kalengan. Selain dimakan langsung, buah ini juga bisa diolah menjadi smoothies atau jus segar.

3. Mengurangi konsumsi gula
Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis terbukti memberi efek buruk pada sistem kekebalan tubuh. Ganti minuman manis dengan minuman yang lebih sehat. Misalnya jika terbiasa minum teh kemasan, cobalah perlahan ganti dengan teh herbal tanpa gula. Kamu juga bisa menambahkan potongan buah untuk menggantikan gula tambahan.

4. Makan sesuai porsi
Porsi makan ini harus disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, atau kondisi kesehatan. Hindari makan berlebihan karena akan memicu kenaikan berat badan yang biasanya diiringi dengan obesitas dan berbagai penyakit kardiovaskular lainnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terpopuler

%d blogger menyukai ini: