Pria Wajib Tahu! Simak Ini 5 Makanan yang Dapat Menurunkan Hormon Testosteron

 

Tagarterkini.com, Tagar Sehat – Hormon testosteron adalah hormon reproduksi yang penting dan umum ditemukan pada laki-laki. Wanita juga memiliki hormon ini, namun jumlahnya tidak sebanyak laki-laki. Hormon ini sangat mempengaruhi beberapa faktor, termasuk pada pembentukan massa otot, ketahanan energi, hingga gairah seksual.

Hormon ini ternyata juga dapat mengalami penurunan yang berdampak pada aktivitas seksual, hal itu biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Karena, sejumlah makanan ternyata dapat menurunkan hormon tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 makanan dan minuman penyebab turunnya kadar testosteron :

1. Alkohol
Membatasi konsumsi alkohol penting untuk kesehatan. Sebuah penelitian mengungkap bahwa terlalu banyak minum minuman alkohol dapat menyebabkan kadar testosteron menurun, terutama pada pria.

Namun sebaliknya, jika wanita yang mengonsumsi alkohol terlalu banyak justru bisa mengalami kenaikan kadar testosteron. Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

2. Minuman bersoda
Minuman bersoda dapat memengaruhi kadar testosteron karena minuman ini mengandung pemanis. Pemanis itu dapat meningkatkan lemak yang menghambat produksi testosteron.

Bukan hanya itu, minuman bersoda juga dapat menyebabkan epidemi obesitas. Fakta lainnya, kegemukan juga bisa menyebabkan kadar testosteron yang sangat rendah.

3. Produk Kedelai
Produk makanan dan minuman yang terbuat dari kedelai juga bisa menurunkan kadar testosteron. Misalnya tahu, tempe dan susu kedelai. Produk kedelai itu mengandung fitoestrogen.

Senyawa tersebut memiliki bentuk dan fungsi yang mirip dengan estrogen di dalam tubuh. Pengaruh penurunan kadar testosteron saat makan produk kedelai ini dibuktikan oleh sebuah riset jurnal German Medical Science.

4. Makanan olahan
Makanan olahan tidak hanya dapat menambah berat badan, tetapi juga dapat menurunkan kadar testosteron. Itu karena makanan olahan mengandung banyak sodium dan kalori.

Selain itu juga ada tambahan gula yang merupakan sumber lemak trans yang tak sehat. Dan lemak tersebutlah yang berperan menurunkan kadar testosteron.

5. Produksi susu
Susu juga harus dihindari sebelum berhubungan badan. Sebab produk susu dapat menyebabkan menurunnya kadar testosteron pada pria.

Itu karena produk susu terutama dari susu sapi mengandung hormon sintetis alami yang dapat memengaruhi kadar testosteron.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available