Ini 3 Cara Mudah Menghidrasi Tubuh agar Tetap Sehat dan Bugar

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

 

Tagarterkini.com, Tagar Sehat – Kebutuhan hidrasi tubuh pada masing-masing orang berbeda. Hal ini dipengaruhi berat badan, gaya hidup, dan jenis kelamin masing-masing tubuh manusia.

Namun sebagian besar orang menilai, mencukupi kebutuhan hidrasi tubuh sangatlah sulit terlebih lagi saat aktivitas padat. Padahal tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa menghidrasi tubuh dengan air setiap hari merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan.

“Minum cukup air setiap hari adalah hal krusial untuk banyak alasan: untuk mengatur temperatur tubuh, mencegah infeksi, mengantarkan nutrisi masuk ke dalam sel-sel tubuh hingga menjaga organ tubuh agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya,” menurut catatan Harvard University’s T.H Chan School of Public Health.

Berikut ini 3 cara mudah memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh sebagaimana dikutip dari Eat This, Not That (30/1):

1. Pilih minuman elektrolit sebagai alternatif
Banyak dipilih karena dianggap lebih menyegarkan saat diminum setelah berolahraga, ternyata minuman elektrolit terbukti dapat mengatasi dehidrasi pada tubuh. Manfaat ini datang dari kandungan sodium dan potassium yang ada di dalamnya.

“Minum air dengan kandungan elektrolit, terutama minuman elektrolit yang mengandung sodium dan potassium yang dapat meningkatkan rehidrasi setelah berolahraga,” kata Bender.

Kandungan sodium dibutuhkan karena saat berkeringat cadangan sodium ikut keluar dari dalam tubuh. Sodium perlu digantikan cadangannya karena diperlukan untuk mengelola osmolalitas darah yang optimal.

2. Konsumsi makanan mengandung air
Minum air bukan satu-satunya cara untuk menghidrasi tubuh. Makan makanan yang mengandung tinggi air juga dinyatakan oleh ahli gizi sebagai cara yang efektif untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh setiap hari.

“Kamu dapat meningkatkan kualitas kesehatan dari kadar cairan tubuh melalui konsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayur-sayuran. Pada rata-rata manusia, seperempat asupan cairan datang dari makanan seperti buah dan sayur yang kaya kandungan air serta memberikan nutrisi yang sempurna selain kadar airnya,” kata Bender.

Beberapa jenis makanan yang dianjurkan misalnya seperti buah semangka atau pir. Baik dikonsumsi saat masih segar atau diolah menjadi jus buah, kedua buah ini memiliki kadar air yang sangat tinggi dan baik untuk menghidrasi tubuh.

3. Konsumsi minuman dingin
Saat menikmati minuman yang dingin pastinya akan terasa begitu menyegarkan di tenggorokan. Cara ini ternyata juga ampuh untuk hidrasi tubuh setiap hari.

“Penelitian menunjukkan bahwa minuman dingin mampu meningkatkan termoregulasi yang lebih baik selama aktivitas yang dilakukan di lingkungan bersuhu panas,” kata Brian Bender selaku ahli gizi bersertifikasi sekaligus co-founder Intake Health.

Bahkan trik mengonsumsi minuman dingin untuk memenuhi kebutuhan dehidrasi ini juga diterapkan oleh beberapa atlet yang berkonsultasi pada Intake Health. Cara ini dikatakan terbukti mengatasi hidrasi yang keluar melalui keringat bersama elektrolit.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terpopuler

%d blogger menyukai ini: