Simak! Ini 5 Makanan Sehari-hari yang Bisa Menyehatkan Mata

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

 

Tagarterkini.com, Tagar Sehat – Mayoritas orang pasti menjawab wortel jika ditanya terkait makanan yang dapat menyehatkan mata dan mengatasi beberapa keluhan tentang mata. Padahal banyak sekali makanan sehari-hari yang dapat menyehatkan mata karena mengandung banyak vitamin C.

Ada kandungan vitamin C, vitamin E, Zinc, selenium dan omega-3 yang juga diperlukan oleh tubuh terdapat pada beberapa makanan lain selain wortel. Semua makanan enak ini bisa dikonsumsi sebagai camilan maupun dicampurkan ke dalam menu utama makanan sehari-hari.

Ini dia 5 makanan enak yang dapat menjaga kesehatan mata, sebagaimana dikutip dari Eating Well (25/1):

1. Bayam dan Sayuran Hijau
Sayuran berdaun hijau pekat seperti bayam memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang begitu tinggi. Dua jenis karote ini mampu membantu menjaga kesehatan retina mata.

Berperan sebagai antioksidan, lutein dan zeaxanthin mampu menyerap kadar paparan sinar biru yang dapat merusak mata dan mencegahnya masuk ke dalam mata. Semakin tinggi konsumsi bayam dan sayuran berdaun hijau maka semakin tinggi perlindungan bagi degenerasi penglihatan hingga katarak.

2. Kacang Almond
Vitamin E yang ada pada kacang almond memiliki antioksidan yang begitu kuat untuk melindungi sel-sel tubuh. Termasuk sel-sel yang berada pada organ mata manusia. Kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh lingkungan seperti polusi, asam dan yang lainnya dapat mengancam kesehatan mata.

Konsumsi vitamin E seperti kacang almond yang cukup inilah yang membantu mata terhindari dari berbagai kerusakan yang disebabkan secara oksidatif. Para ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi setidaknya 23 buah kacang almond yang dipanggang kering dalam pola diet sehari-hari.

3. Ubi
Kandungan vitamin A yang tinggi pada sebuah makanan mampu membantu menjaga kesehatan kornea dan interpretasi sinyal pada penglihatan. Walaupun wortel dikatakan memiliki kandungan vitamin A yang baik tetapi ubi juga tak kalah tinggi kadar vitamin A-nya dan manfaatnya untuk kesehatan mata.

Kandungan vitamin A pada ubi jalar bahkan diakui terkandung tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan wortel. Hal ini dibuktikan oleh ahli melalui warna oranye pekat pada ubi jalar yang dihasilkan oleh kandungan karoten yang begitu tinggi.

4. Telur
Telur merupakan salah satu sumber karotenoid lutein dan zeaxanthin yang sangat baik. Nutrisi yang padat pada telur ini didapatkan dari pola makan ayam yang semasa hidupnya diberi pakan padat nutrisi.

Telur secara alami mengandung lutein dan zeaxanthin tetapi telur yang difortifikasi akan memiliki kandungan tersebut dalam kadar yang lebih tinggi. Menurut penelitian pada Clinical Nutrition in 2020, ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi empat hingga enam telur dalam seminggu selama 15 tahun memiliki perkembangan penurunan penglihatan yang lebih rendah.

5. Pepaya
Pepaya memiliki kandungan likopen yang menyebabkan warnanya terlihat oranye. Likopen ini merupakan salah satu komponen karotenoid yang mampu memperlambat kemunculan pembentukan katarak pada bola mata.

Selain itu pada sebuah pepaya berukuran kecil juga mampu memenuhi hingga 150% kebutuhan harian vitamin C yang direkomendasikan. Peneliti juga banyak yang merekomendasikan makanan seperti pepaya dan yang lainnya untuk menjaga kesehatan mata karena kandungan vitamin E dan kandungan antioksidan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terpopuler

%d blogger menyukai ini: