Kenali Ciri-ciri Buah Semangka yang Mengandung Nitrat Tinggi dan Berbahaya untuk Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

 

Tagarterkini.com, Tagar Sehat – Semangka merupakan buah segar yang sangat digemari oleh banyak orang. Namun tidak semua semangka baik untuk kesehatan terlebih lagi semangka yang banyak mengandung nitrat dan sifatnya beracun.

Dilansir dari Bright Side (8/1) kandungan ini ternyata berpotensi menyebabkan keracunan ketika disantap dalam jumlah banyak. Yuk kenali 5 ciri buah semangka yang mengandung nitrat :

1. Bagian kulit berwarna kuning
Nitrogen merupakan unsur penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Namun, petani semangka cenderung melebihi batas penggunaan agar mendapatkan semangka yang besar dalam waktu singkat.

Cara paling mudah untuk mengenali semangka berkualitas buruk ini adalah lewat bagian kulitnya yang terlihat berwarna kuning. Hindari membeli semangka dengan bercak warna kuning pada bagian kulitnya. Semangka dengan warna hijau tua lebih terjamin segar dan berkualitas.

2. Lubang pada kulit semangka
Ada beberapa semangka yang memiliki lubang pada bagian kulitnya. Sebagian orang menganggap lubang pada kulit semangka ini disebabkan oleh serangga, padahal tidak semuanya karena serangga.

Ada beberapa lubang kecil yang menjadi tanda bahwa semangka mengandung nitrat dalam jumlah berlebih. Lubang ini biasanya akan merusak bagian daging semangka. Daging semangka jadi terlihat kering, pucat, dan kandungan airnya juga berkurang.

3. Jangan makan semangka yang dagingnya kering
Ketika membelah semangka, ada kalanya bagian tengah buah ini kopong dan daging buahnya kering. Ada dua kemungkinan yang menyebabkan hal ini. Pertama, karena buah semangka terlalu matang, dan yang kedua karena hormon pertumbuhannya tidak bagus.

Semangka seperti ini biasanya cenderung memiliki rasa yang pahit. Jika menemukan semangka seperti ini sebaiknya tidak dikonsumsi karena bisa menyebabkan keracunan. Efeknya adalah mual, muntah, pusing hingga diare.

4. Celupkan dalam air
Kamu dapat memeriksa kandungan nitrat dalam semangka dan menghindari keracunan dengan merendam sepotong kecil daging buah semangka ke dalam air bersih. Jika buahnya berbahaya, airnya akan berubah warna menjadi merah muda cerah.

Jika air mengalami perubahan, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk tetap makan semangka ini. Tapi jika air tetap bening meskipun semangka yang dicelupkan warnanya sangat merah, tandanya semangka ini berkualitas baik dan aman dikonsumsi.

5. Semangka cenderung berat
Terkadang tampilan kulit yang mulus dan halus tak menjamin semangka memiliki kualitas bagus. Hal ini bisa ditandai lewat bobotnya. Semangka yang berat menjadi tanda bahwa semangka sudah dalam keadaan matang dan memiliki kandungan air yang banyak.

Jika menemukan semangka berukuran besar namun bobotnya cenderung ringan maka ini menandakan kualitasnya buruk. Bisa juga mencoba mengetuk bagian kulit semangka. Jika terasa padat maka semangka ini layak dibeli.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terpopuler

%d blogger menyukai ini: