Erupsi Semeru Sebabkan Jembatan Putus, Rumah Ambruk dan Gelap Gulita

Foto: Kerusakan yang disebabkan erupsi semeru.

Tagarterkini.com, Lumajang – Berbagai kerusakan yang disebabkan oleh besarnya erupsi dan semburan awan panas Gunung Semeru mulai terlihat. Salah satunya adalah putusnya Jembatan Perak, penghubung Lumajang-Malang. Hal itu membuat arus lalu lintas lumpuh seketika.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari warga Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Ngatemi (53), mengatakan Jembatan Perak di Dusun Sumber Puring ambrol diterjang banjir lahar dari Gunung Semeru. Jembatan tersebut merupakan jembatan penghubung antara Kecamatan Pasirian, Lumajang, dengan Kecamatan Dampit, Malang, itu tidak bisa dilewati.

“Sekitar pukul 16.00 WIB, Jembatan Perak ambruk diterjang lahar panas Gunung Semeru. Arus lalu lintas lumpuh total akibat Jembatan Perak tidak bisa dilintasi,” ujar Ngatemi, Sabtu (4/12/2021).

Selain membuat ambruk jembatan, erupsi Gunung Semeru juga membuat atap rumah warga Desa Supit Urang dan Sumber Mujur, ambruk karena tidak kuat menahan beban material abu Gunung Semeru. Harta benda yang ditinggal menyelamatkan diri oleh sang pemilik pun turut rusak.

“Warga panik dan banyak meninggalkan rumah dan harta bendanya untuk selamatkan diri. Ada banyak atap rumah ambruk dan motor tertimbun abu vulkanik. Pemerintah, BPBD Lumajang, dan relawan fokus penyelamatan jiwa,” ujar Heri, salah satu warga setempat, Sabtu (4/12/2021).

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available