Mudah Stress? Ini 5 Makanan Sehat yang dapat Membantu Meredakan Stress

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Foto: ilustrasi

Tagarterkini.com, – Stress merupakan hal yang sering dirasakan setiap orang, stress juga bisa datang kapan saja dan tentunya sangat mengganggu karena dapat menimbulkan gejala emosi, kognitif, dan fisik. Misalnya pusing, jantung berdebar, berkeringat, sampai tidak nafsu makan.

Untuk mengatasinya sumber stress perlu dikelola. Selain itu, mengonsumsi makanan yang tepat ternyata bisa membantu meredakan stress.

Salah satu makanan yang sering dipilih untuk melampiaskan stress adalah makanan yang tinggi kalori, namun makanan ini bukanlah yang terbaik. Hal ini disampaikan ahli gizi Melina Jampolis, seperti dikutip dari Livestrong (30/11/21).

Ia menyarankan agar kita banyak mengkonsumsi makanan padat nutrisi yang kaya kandungan lemak sehat, terutama asam lemak omega 3, protein rendah lemak, vitamin B, dan makanan kaya magnesium untuk mengelola stress.

Ini dia 5 makanan terbaik untuk dikonsumsi saat sedang stress:

1. Makanan tinggi serat

Selain bagus untuk diet, konsumsi makanan tinggi serat juga disarankan saat stress. Hal ini karena sifatnya bisa mencegah mood jadi buruk.

“Makanan tinggi serat bisa mencegah kenaikan dan penurunan gula darah yang cepat, yang dapat memperburuk stress dan meningkatkan kortisol,” kata Dr. Jampolis.

Adapun makanan penyeimbang gula darah yang kaya serat meliputi buah-buahan, sayuran, kacang dan lentil, serta biji-bijian utuh seperti beras merah, oatmeal, dan gandum utuh.

Menu lain yang bisa dicoba adalah mashed potato, namun bikin dengan kulitnya supaya ada tambahan serat. Dr. Jampolis juga merekomendasikan tambahan sedikit bubuk kayu manis untuk rasa manis dan kandungan polifenol yang bersifat antiinflamasi dan mengandung antioksidan.

2. Makanan kaya magnesium
Magnesium adalah mineral luar biasa yang berperan pada lebih dari 300 reaksi dalam tubuh. Salah satunya adalah pengatur stress. Sayangnya masih banyak orang belum mencukupi kebutuhan asupan magnesium harian.

Saat sedang stress, coba konsumsi makanan kaya magnesium agar tubuh bisa memberi respons stress yang sehat. Makanan tersebut antara lain biji labu, biji chia, almond, kacang mete, kacang tanah, bayam yang sudah dimasak, susu kedelai, kacang hitam, dan edamame.

3. Salmon
Saat sedang stress, banyak orang ngidam gorengan, sesuatu yang sangat gurih, atau berlemak. Namun hindari konsumsi makanan tersebut dan beralihlah pada makanan antiinflamasi untuk menenangkan saraf ketika stress.

“Inflamasi dapat mengurangi zat kimia otak yang disebut BDNF, yang dapat mempengaruhi fungsi otak, suasana hati, dan tingkat kecemasan Anda,” kata Dr. Jampolis. Untuk mengatasinya, konsumsi makanan antiinflamasi seperti salmon yang juga bagus kandungan asam lemak omega-3 nya. Jenis lemak sehat ini telah terbukti memperlambat produksi protein inflamasi dalam tubuh.

Kalau mau konsumsi makanan sehat saat sedang stress, coba buat salmon panggang dengan pendamping berupa ubi panggang, sayuran hijau, minyak zaitun, dan jamur. Tiap komponen makanan ini punya nutrisi yang bagus untuk meredakan stress.

4. Dark chocolate
Ngidam makanan manis saat stress bisa diakali dengan ngemil buah, namun terkadang kamu belum puas kalau belum makan dessert sesungguhnya. Sebagai alternatif, coba konsumsi dark chocolate.

Dr. Jampolis mengatakan, “Dark chocolate adalah pilihan bagus karena mengandung lemak, serat, dan polifenol yang bisa mendukung kesehatan fungsi otak.”

5. Minuman rendah kafein
Satu lagi makanan terbaik untuk dikonsumsi saat sedang stress. Kali ini berupa minuman yaitu teh hijau yang mengandung senyawa kimia theanine yang bagus untuk meredakan stress.

Dr. Jampolis juga mengatakan kalau teh sifatnya hangat dan bisa menenangkan yang mana bagus untuk mengatasi stress. Selain teh hijau, kamu juga bisa mengonsumsi minuman rendah kafein lainnya. Misalnya cokelat panas dengan bubuk kakao dan chai latte yang creamy berempah.

Mengapa kafein tidak disarankan untuk dikonsumsi saat stress? Hal ini lantaran kafein bisa memperburuk efek stress dan keresahan pada sebagian orang dan menurunkan kualitas tidur , yang secara tidak langsung dapat mengarahkan kamu untuk respons stres yang lebih besar.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terpopuler

%d blogger menyukai ini: