Ini Manfaat Es Kopi yang Tak Kalah Hebat dengan Kopi Hangat

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

 

Tagarterkini.com – Kopi tak hanya disajikan dalam kondisi yang masih hangat, saat ini sudah banyak varian kopi yang disajikan dalam kondisi dingin atau biasa disebut es kopi. Manfaat es kopi untuk kesehatan tubuh juga tidak kalah hebat lho dengan kopi hitam yang disajikan hangat.

Dilansir dari Ask Men (21/9), selain menyegarkan es kopi juga menyehatkan. Ternyata, es kopi juga memberikan manfaat yang serupa dengan kopi hitam biasa. Di antaranya bermanfaat dalam kesehatan gigi hingga mengontrol tekanan darah.

Kopi juga diketahui mengandung zat antioksidan yang tinggi. Sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga imunitas hingga menunrunkan berat badan.

Berikut manfaat es kopi untuk kesehatan tubuh :

1. Kafein Mudah Terserap
Kopi mengandung kafein yang tinggi. Menurut USDA, dalam 100 gram kopi mengandung 40 miligram kafein. Kafein dapat memberikan efek bagi tubuh, terutama kesehatan otak.

Kalau mengonsumsi es kopi, ternyata kandungan kafeinnya mudah terserap dalam aliran darah sampai ke otak. Hal ini dapat meningkatkan aktivitas otak lebih cepat dan menyebabkan pelepasan hormon yang dapat memperkuat sistem saraf, memperbaiki mood, dan juga fokus.

2. Ereksi Jadi Tahan Lama
Zat antioksidan yang terdapat pada kopi ternyata tak hanya melindungi kesehatan otak dan jatung saja, tapi juga sistem reproduksi. Menurut Heater Hanks ahli gizi dengan USA Rx menyebutkan kalau zat antioksidan dalam kopi dapat membantu meningkatkan aliran darah yang mengarah pada kesehatan seksual.

“Secara khusus, antioksidan dalam kopi dapat membantu meningkatkan aliran darah yang mengarah pada ereksi yang tahan lama dan meningkatkan kesehatan seksual,” ujar Hanks.

“Pastikan untuk menghindari menambahkan gula ke kopi karena banyak minuman es mengandung pemanis, susu, dan aditif tidak sehat lainnya yang dapat memiliki efek sebaliknya,” lanjutnya.

3. Baik untuk Kesehatan Gigi
Sebagian orang menghindari konsumsi kopi karena dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Namun, ternyata kalau mengonsumsi es kopi tak seburuk itu. Karena es kopi memiliki kandungan asam yang lebih sedikit.

“Cold brew dan es kopi memiliki kandungan asam yang rendah, tergantung dengan jenis kopi yang kamu gunakan,” kata Heather Calatrello, founder dari Coffee Saves.

“Sebuah studi juga menunjukkan kalau kandungan asam pada cold brew 67% lebih rendah. Karena alasan ini, mengonsumsi cold brew atau es kopi dapat memberikan manfaat pada gigi,” lanjutnya.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur
Banyak orang menghindari kopi karena salah satu efeknya yang dapat mengganggu kualitas tidur seseorang. Karena efek kafein dapat menyebabkan seseorang terjaga dari tidur.

Namun, es kopi malah dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Es kopi yang kamu konsumsi dapat membuat tidur lebih lama 10-15 menit setiap hari. Sehingga kamu tak mudah lelah karena kurang tidur.

5. Menstabilkan Tekanan Darah
Eh kopi juga membantu menstabilkan tekanan darah pada tubuh. Hal itu dikarenakan es kopi mengandung kafein yang rendah. “Itulah mengapa es kopi adalah pilihan yang lebih baik bagi mereka yang lesu setelah minum secangkir kopi kental. Es kopi berfungsi untuk mendinginkan suhu tubuh yang membantu dalam menstabilkan tekanan darah,” ujar Jamie Hickey, barista bersertifikat dan founder Coffee Semantics.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terpopuler

%d blogger menyukai ini: