Simak Ini Lima Tips Mengatasi Sakit Perut dengan Cepat

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

 

Tagarterkini.com, – Rasa tidak nyaman pada perut bisa muncul kapan saja dengan berbagai sebab, meski kerap diremehkan namun pada nyatanya sakit perut juga dapat menganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu hal yang dapat menyebabkan sakit perut adalah kembung.

Sakit perut yang ringan seperti ini biasanya akan membaik sendiri. Ada beberapa hal yang diketahui bisa jadi cara mengobati sakit perut agar dapat reda lebih cepat.

Berikut 5 pertolongan pertama yang dapat anda lakukan saat sakit perut melanda :

1. Minum air putih
Tubuh membutuhkan cairan untuk bisa mencerna dan memproses nutrisi pada makanan dengan baik. Saat seseorang mengalami dehidrasi maka proses pencernaan bisa semakin sulit dilakukan dan hal ini meningkatkan risiko terjadinya sakit perut.

Karena itu disarankan menjaga kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih. Para ahli menyarankan orang dewasa minum 2-3 liter air putih setiap hari.

2. Jangan berbaring
Rasa sakit perut juga bisa muncul ketika asam naik dari lambung. Karena itu orang-orang tidak disarankan berbaring bila baru selesai makan.

Bila memang harus berbaring maka tempatkan bantal atau benda lain yang bisa berfungsi sebagai penyanggah kepala. Tujuannya agar posisi kepala lebih tinggi dari tubuh sehingga asam lambung tidak terlalu naik ke saluran pencernaan bagian atas.

3. Konsumsi mint atau jahe
Beberapa studi melihat tumbuhan seperti mint atau jahe dapat berfungsi sebagai ‘pelega’ nyeri perut. Ini berkat kandungan di dalam mint dan jahe yang bermanfaat melancarkan otot-otot saluran cerna.

4. Mandi atau kompres air hangat
Mandi atau kompres dengan air hangat juga bisa membantu membuat rileks otot-otot saluran cerna. Hal ini disebut akan mengurangi rasa tidak nyaman pada perut.

5. Air kelapa
Air kelapa juga bisa jadi obat sakit perut alami. Kandungan potasium and magnesium di dalam air kelapa diketahui dapat meredakan nyeri akibat keram atau kejang otot saluran cerna. Air kelapa juga baik dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terpopuler

%d blogger menyukai ini: