Mengenang Tokoh Pergerakan Kemerdekaan Indonesia Prof. DR. MR. H Mohammad Koesnoe

 

Tagarterkini.com – Nama tokoh pergerakan Kemerdekaan Indonesia Prof. DR. MR. H Mohammad Koesnoe masih asing bagi masyarakat Indonesia. Namun, kiprahnya dalam kemerdekaan Bangsa Indonesia sungguh besar.

Salah satu tokoh yang aktif dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia adalah Prof. DR. MR. H Mohammad Koesnoe. Lahir di Madiun pada 15 Oktober 1928 dengan nama Mohammad Koesnoe. Ia mengenyam pendidikan dasar di Europeesche Lagere School (ELS) sejak 1935 hingga 1942.

Saat pasukan Jepang menginvasi Indonesia pada 1942, kondisi negara yang begitu terpuruk membuat semangat nasionalisme Koesnoe tumbuh, dan bertekad untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Melalui kepanduan Suryawirawan, Koesnoe gigih menegakkan semangat cinta tanah air. Berkat jasa dan perjuangannya, pendiri IAIN Sunan Ampel yang saat ini beralih nama menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang ini dianugerahi empat bintang jasa.

Yang pertama adalah Bintang Gerilya. Sebuah tanda jasa pahlawan dalam perjuangan menegakkan kemerdekaan negara, yang diberikan oleh Presiden pertama dan Panglima Tertinggi Angkatan Perang Republik Indonesia, Sukarno.

Bintang jasa kedua yaitu Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia, karena terlibat dalam Gerakan Operasi Militer 1. Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Pertahanan Keamanan Panglima Angkatan Bersenjata.

Ketiga adalah Satyalantjana Gerakan Operasi Militer 1, dan keempat adalah Satyalantjana Gerakan Operasi Militer 2, keduanya diberikan oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia.

Melihat kisah perjuangan dan penghargaan yang dianugerahkan kepada Prof. Koesnoe, maka sosok ini dianggap layak untuk dinobatkan sebagai pahlawan nasional.

Dari perjuangan beliau, dapat diambil pelajaran bahwa pahlawan adalah pengingat, bahwa kebebasan berbangsa dan bernegara ditebus dengan perjuangan dan pengorbanan jiwa raga mereka.

Maka, dalam memperingati Hari Pahlawan tahun ini, sepatutnya setiap warga negara memberikan sumbangsih, baik tenaga maupun pikiran untuk membawa perubahan, menjadikan bangsa ini lebih baik, adil, makmur, dan sentosa. Selamat Hari Pahlawan, 10 November 2021.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

No Content Available

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available