Diterjang Puting Beliung, 20 Rumah Rusak di Jombang

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

 

Tagarterkini.com, Jombang – Angin puting beliung terjadi di Dusun Sidokampir, Desa Budugsidorejo, Kecamatan Sumobito, Jombang. Akibatnya 20 rumah dilaporkan rusak. 19 rumah rusak ringan dan 1 rumah rusak sedang.

“Ada 20 rumah yang mengalami kerusakan. Semalam kita sudah menerjunkan tim ke lokasi kejadian. Kerusakan rumah tersebut akibat diterjang angin kencang,” kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Jombang Syamsul Bahri, Senin (8/11/2021).

Syamsul mengatakan, peristiwa angin puting beliung yang terjadi pada Minggu (7/11/2021) sekitar pukul 13.30 WIB itu diawali dengan hujan deras lalu disusul angin kencang bergulung-gulung yang membuat rusak atap rumah warga.

Setelah kejadian itu, warga segera melapor ke kecamatan dan bersama-sama gotong royong untuk melakukan pembersihan.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” kata Syamsul sembari menunjukkan data-data yang dimaksud.

Syamsul menyebut, jika melihat history bencana angin puting beliung juga berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Jombang.

Kecamatan yang secara historis merupakan wilayah yang pernah terkena angin puting beliung. Di antaranya, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Perak, Diwek, Ngoro, serta Kecamatan Tembelang.

“Saat ini sudah memasuki musim hujan. Kami mengimbau agar masyarakat senantiasa meningkatkan kewaspadaan. Karena curah hujan saat ini lebih tinggi dari sebelumnya, atau fenomena La Nina,” pungkas Syamsul Bahri.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terpopuler

%d blogger menyukai ini: