Kontrol Gula Darah Anda Dengan Teh Kunyit, Begini Cara Buatnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

 

Tagarterkini.com, – Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh memang sudah tidak perlu diragukan lagi, salah satu manfaat kunyit adalah membantu mengontrol kadar gula darah.

Sebagaimana dikutip dari Food NDTV (31/10), dari data International Diabetes Federation setidaknya ada 463 juta orang di dunia yang menderita diabetes. Jumlahnya ini diperkirakan akan terus bertambah di tahun 2045 mendatang.

Diabetes adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh masyarakat, dimana masa penyembuhannya berlangsung sangat lama, bahkan beberapa orang harus hidup berdampingan dengan penyakit tersebut.

Oleh karenanya, pasien diabetes disarankan untuk selalu menjaga pola makan hingga menjaga gula darah agar tetap terkontrol.

Sedangkan kunyit, diketahui mengandung banyak antioksidan, hingga sifat antibakterinya yang bagus untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Selain itu ada curcumin, komponen paling penting di kunyit yang diketahui dapat membantu mengontrol kadar insulin. Serta meningkatkan fungsi kerja obat diabetes.

Disebutkan dalam Jurnal Frontiers in Endocrinology bahwa curcumin merupakan komponen bioaktif yang ditemukan dalam curcuma longa yang mengandung antioksidan sampai anti-diabet.

“Ditemukan juga bahwa penggunaan curcuma longa atau curcumin menunjukkan adanya pengurangan yang signifikan dari lipid preoxidation. Termasuk kadar glukosa darah, sampai tekanan darah sistolik dan diastolik,” isi jurnal tersebut.

Tak hanya itu saja, teh kunyit juga bermanfaat untuk meredakan batuk atau radang tenggorokan, ampuh menurunkan demam, mencegah kanker, vitamin B6 yang ditemukan pada kunyit, disebut bisa membantu mengontrol kadar kolesterol dari tubuh yang menurunkan risiko dari terkena penyakit jantung.

Cara membuat teh kunyit juga sangat mudah, yakni dengan merendam bubuk kunyit mentah dengan segelas air yang ditinggal selama semalaman, lalu pada pagi harinya air kunyit direbus sampai mendidih, kemudian disaring dan diminum seperti biasa.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terpopuler

%d blogger menyukai ini: