Tips Sehat dan Awet Muda ala Titiek Puspa

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

 

Tagarterkini.com, – Sejumlah artis senior di Indonesia kerap di isukan meninggal dunia, sah satunya adalah penyanyi legendaris, Titiek Puspa. Namun pada kenyataannya, wanita kelahiran 1 November 1937 itu justru masih nampak sehat bugar, bahkan tidak sedang terserang penyakit berbahaya.

Tubuh Titiek masih sangat bugar, dan tergolong ideal di usianya yang sudah menginjak kepala delapan itu. Wajahnya juga tak menunjukkan perubahan yang signifikan, hanya ada beberapa keriput di wajahnya yang seakan tak berubah meski waktu terus berjalan.

Lalu apa sih rahasia dibalik kesehatan artis senior itu, berikut 5 tips sehat ala Titiek Puspa :

1. Sering minum air putih

Titiek Puspa membeberkan bahwa setiap hari ia selalu rutin melakukan meditasi. Meditasi yang dilakukan adalah dengan berjemur dan melakukan pemanasan ringan.

Meditasinya itu dilakukan dua kali dalam sehari selama. Selain itu, penyanyi yang akrab disapa eyang Titiek ini mengungkap tentang pentingnya minum air putih.

Titiek Puspa mengatakan bahwa ia lebih suka minum air putih daripada minum kopi atau teh. Minum air putih ini menjadi tips sehatnya apalagi setelah sembuh dari kanker.

2. Rutin mengkonsumsi buah dan sayur

Titiek Puspa juga sangat mengatur pola makannya. Setiap pagi, selain memenuhi kebutuhan tubuh dengan air putih, ia juga rutin mengonsumsi buah dan sayuran.

Namun, ia punya tips sehat tersendiri saat makan buah dan sayur. Ia tidak lagi mengonsumsi sayuran secara mentah, melainkan dimasak terlebih dulu.

Selain itu, ia juga tidak lagi makan buah langsung bersama kulit arinya, seperti buah anggur. Ia lebih memilih mengupas kulit buah sebelum dimakan.

Bukan tanpa alasan, hal tersebut dilakukan agar menghindari adanya bahan kimia seperti pestisida yang menempel meskipun telah dicuci bersih.

3. Konsumsi makanan rumahan

Tips sehat Titiek Puspa lainnya adalah mengonsumsi masakan rumahan. Menurut pemilik nama asli Sudarwati, mengonsumsi masakan rumahan adalah tips panjang umurnya.

Dengan begitu, ia dapat memastikan bahwa makanan yang dimakan sehat. Selain itu, Titiek Puspa juga bisa mengatur asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya.

“Kalau home cooking atau masakan rumahan itu saya bisa atur. Ini gak boleh, itu gak boleh, segini takarannya yang ini segini,” ujar Titiek Puspa dalam sebuah wawancara.

4. Teknik memasak ala Titiek Puspa

Dalam membuat makanan untuk kesehariannya, Titiek Puspa lebih memilih makanan yang diolah dengan cara direbus daripada yang digoreng.

Selain itu, semua masakan diolah menggunakan bumbu dari rempah alami. Seperti serai, lengkuas, daun salam, kunyit dan rempah lokal lainnya.

Lebih lanjut, Titiek Puspa mengatakan bahwa ia menerapkan sistem makan 80:20. Artinya 80% makanan dijaga sendiri, dan 20% ikut orang lain.

Maksudnya adalah ketikaTitiek Puspa menghadiri acara-acara tertentu, yang mana sudah disajikan makanan. Sebab bisa jadi, makanan itu tidak sesuai dengan standarkesehatannya.

5. Pola makan yang diterapkan Titiek Puspa

Sebagai pelaku gaya hidup sehat, tentu saja Titiek Puspa memulai pagi harinya dengan asupan sehat. Untuk sarapan, Titiek Puspa biasa makan jus buah atau salad.

Selain itu, ia juga memenuhi kebutuhan tubuhnya dengan asupan protein. Nutrisi itu didapatkan dari mengonsumsi telur rebus. Begitu pula dengan menu makan siang dan makan malam.

Lauk-pauk yang biasa dimakan Titiek Puspa adalah ikan tawar yang rendah kolesterol. Ikan tersebut kemudian dipadukan dengan sayur-mayur.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terpopuler

%d blogger menyukai ini: