Simak! Ini 5 Makanan Penunjang Imunitas Tubuh Saat Musim Hujan

 

Tagarterkini.com, – Tidak terasa ya setelah sekian minggu kita dihadapkan dengan cuaca terik dan hawa panas, akhirnya musim hujan datang juga. Namun di masa pergantian musim seperti ini, imunitas tubuh kita justru dapat menurun dan membuat kita mudah jatuh sakit.

Untuk itu mari kita perkuat sistem imun tubuh kita dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan penuh vitamin agar tidak mudah terserang penyakit seperti, pilek dan batuk.

Berikut 5 makanan pencegah pilek di musim hujan menurut Hindustan Times:

1. Bawang Putih
Bawang putih memiliki komponen aktif alami bernama allicin. Komponen ini dikenal sebagai antibiotik alami yang membuat bawang putih begitu berkhasiat.

Layaknya antibiotik pada umumnya, komponen allicin dalam bawang putih mampu berfungsi sebagai antivirus yang melawan gangguan virus dan infeksi bakteri. Selain itu, konsumsi bawang putih saat mengalami pilek dan hidung tersumbat juga ampuh sebagai pereda dan pelega nafas.

2. Sayuran Hijau
Sayuran hijau telah diungkapkan oleh para ahli gizi dan ahli kesehatan memiliki kandungan mineral yang begitu tinggi dan padat serat. Sayuran hijau juga dipercaya akan sumber vitamin A, C hingga vitamin K yang sangat baik.

Konsumsi sayuran hijau juga dipercaya dapat membantu melawan infeksi bakteri karena komponen antibakteri alami yang ada di dalamnya. Contoh sayuran hijau adalah bayam, kangkung, pakcoy dan beragam sayuran hijau lainnya.

3. Madu
Sejak zaman nenek moyang madu memang sudah dikenal sebagai obat bagi segala keluhan kesehatan yang dialami manusia. Kandungan antioksidan dan antibakteri yang ada di dalam madu menjadi alasan utama madu bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan antioksidan dan antibakteri yang ada di dalam madu ini memiliki fungsi untuk membantu melawan virus penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Madu juga diungkapkan oleh para ahli kesehatan dapat membantu meredakan pilek sakit tenggorokan.

4. Jahe
Rempah yang banyak ditemukan di dapur-dapur rumah tangga ini ternyata dianggap sebagai superfood yang kaya manfaat terutama untuk mencegah berbagai masalah kesehatan. Sejak lama jahe dipercaya menjadi pereda nyeri alami.

Jahe juga dipercaya ampuh untuk mengobati berbagai masalah kesehatan dan digunakan sebagai pengobatan medis termasuk untuk mencegah pilek.
Konsumsi jahe untuk mencegah pilek salah satunya bisa dibuat menjadi teh jahe dengan cara menyeduhnya dengan secangkir air panas dan minum
selagi hangat.

5. Apel
Khasiat apel untuk kesehatan menang telah dikenal dari waktu ke waktu. Kandungan serat yang tinggi, mineral, serta berbagai zat gizi lainnya membuat apel dipercaya sebagai kunci dari kesehatan.

Apel mengandung flavonoid yang bernama quercetin. Kandungan tersebut diungkapkan oleh para ahli dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Berita Terkait

Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

No Content Available